Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli


Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli lengkap-Setiap orang pastinya tidak asing dengan kata filsafat yang sering sekali ditemui. Untuk Anda yang tidak tahu, filsafat merupakan ilmu tentang seluruh fenomena yang ada pada kehidupan manusia dan berpikir kritis dan dijabarkan dalam konsep dasar. Selain arti yang sudah disebutkan, masih ada lagi pengertian filsafat menurut para ahli.
Cara memahami filsafat yang paling baik adalah dengan melakukan eksperimen namun untuk mengungkapkan masalah yang tepat, mencari solusi untuk itu harus menggunakan alasan dan alasan tersebut tepat untuk solusi tertentu. Akhir dari proses yang dilakukan dimasukkan ke dalam proses dialektika.
Perlu diketahui jika ilmu filsafat membutuhkan pemikiran yang logis dan bahasa logika. Logika sendiri merupakan ilmu yang sama-sama dipelajari dalam matematika dan filsafat. Hal tersebut membuat filsafat menjadi ilmu di tangan nuansa khusus ditandai sisi kanan filsafat, yaitu spekulasi, keraguan, rasa ingin tahu, dan bunga.
Jika Anda bingung, filsafat juga bisa berarti perjalanan ke hal yang terdalam, sesuatu yang biasanya tidak tersentuh oleh disiplin ilmu yang lain dengan sikap skeptis mempertanyakan segala sesuatu.
Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika arti filsafat tidak hanya itu saja, masih banyak pengertian filsafat menurut para ahli, antara lain:
1. Aristoteles
Pengertian filsafat menurut para ahli yang pertama adalah datang dari Aristoteles. Aristoteles menyebutkan bahwa filsafat adalah ilmu (pengetahuan) yang meliputi kebenaran yang berisi ilmu metafisika, retorika, logika, etika, ekonomi, politik, dan estetika (filsafat keindahan).
2. Immanuel Kant
Immanuel Kant menyebutkan bahwa filsafat adalah ilmu (pengetahuan) yang merupakan dasar dari semua pengetahuan dalam meliput isu-isu epistemologi atau filsafat pengetahuan yang menjawab pertanyaan tentang apa yang dapat kita ketahui.
3. Al Farabi
Pengertian filsafat menurut para ahli yang selanjutnya adalah Al Farabi yang menyebutkan bahwa filsafat adalah ilmu (pengetahuan) tentang sifat bagaimana sifat sesungguhnya dari kebenaran.
4. Rene Descartes
Rene Descartes mengatakan bahwa filsafat adalah kumpulan semua pengetahuan bahwa Allah, manusia, dan alam menjadi pokok penyelidikan.
5. Plato
Pengertian filsafat menurut para ahli yang berikutnya sesuai dengan yang diungkapkan oleh Plato yaitu filsafat adalah ilmu yang mencoba untuk mencapai pengetahuan tentang kebenaran yang sebenarnya.
6. Langeveld
Menurut Langeveld, filsafat merupakan berpikir tentang masalah final dan menentukan, yaitu masalah makna keadaan, Tuhan, kebebasan, dan keabadian.
7. Hasbullah Bakry
Hasbullah Bakry mengatakan bahwa filsafat adalah ilmu yang meneliti secara mendalam tentang ketuhanan, manusia, dan alam semesta untuk menghasilkan pengetahuan tentang bagaimana alam bisa dicapai sejauh pikiran manusia dan bagaimana perilaku manusia yang seharusnya setelah mencapai pengetahuan tersebut.
8. N. Driyarkara
Pengertian filsafat menurut para ahli yang lainnya berasal dari N. Driyarkara yang menyebutkan bahwa filsafat adalah refleksi yang mendalam tentang penyebab ‘di sana melakukan’, refleksi dari realitas jauh ke dalam ‘mengapa’ penghabisan itu.
9. Ir. Proedjawijatna
Menurut Ir. Proedjawijatna, filsafat memiliki arti ilmu yang berusaha untuk menemukan penyebabnya deras untuk segala sesuatu dengan pikiran belaka.
10. Notonogo
Pengertian filsafat menurut para ahli yang terakhir dari Notonogo yang menyebutkan bahwa filosofi yang meneliti hal-hal yang menjadi objek inti dari sudur mutlak (di), yang tetap dan tidak berubah, yang juga disebut alami.
Itulah sedikit ulasan tentang pengertian filsafat menurut para ahli. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel