Pengertian Majas Perbandingan Adalah


Pengertian Majas Perbandingan Adalah-Saat menjadi siswa tentu saja Anda pernah mempelajari majas ketika sedang dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Majas terdiri dari 4 macam yaitu majas perbandingan, majas pertentangan, majas sindiran, dan majas penegasan. Dari semua macam tersebut masing-masing terdiri dari beberapa jenis majas. Dan untuk bisa membedakan setiap majas, perlu diketahui pengertian majas perbandingan dan majas yang lainnya.

Namun sebelum membahas terlalu jauh, tidak ada salahnya jika mengetahui terlebih dulu pengertian majas atau gaya bahasa yang didefinisikan oleh para ahli, seperti Aminuddin dan Prof. Dr. H. G. Tarigan. Aminuddin memberikan pendapat bahwa majas merupakan cara yang digunakan oleh pengarang dalam memaparkan gagasan yang dimiliki sesuai dengan tujuan dan efek yang ingin dicapai.
Berbeda dengan Prof. Dr. H. G. Tarigan yang menyebutkan bahwa majas adalah cara mengungkapkan pikiran melalui bahasa secara khas yang memperlihatkan jiwa dan kepribadian penulis.

Pengertian Majas Perbandingan
Setelah memahami arti majas, ketahui juga pengertian macam-macam majas seperti pengertian majas perbandingan. Pengertian majas perbandingan adalah gaya bahasa yang digunakan untuk menyandingkan atau membandingkan suatu objek dengan objek yang lain melalui beberapa proses, seperti penyamaan, pelebihan, atau bahkan penggantian.
Sudah disebutkan sebelumnya bahwa setiap macam-macam majas memiliki beberapa jenis majas, begitu juga dengan majas perbandingan. 

Jika sudah memahami pengertian majas perbandingan, berikut beberapa jenis majas perbandingan:
1. Majas Personifikasi
Majas personifikasi adalah jenis gaya bahasa yang seolah-olah menggantikan fungsi benda mati yang bisa bersikap layaknya manusia.
2. Majas Metafora
Majas metafora adalah meletakkan sebuah objek yang memiliki kesamaan sifat dengan pesan yang ingin disampaikan dalam bentuk ungkapan.
3. Majas Asosiasi
Majas Asosiasi adalah majas yang digunakan untuk membandingkan dua objek berbeda namun dianggap sama dengan memberikan kata sambung bagaikan, bak, atau seperti.
4. Majas Hiperbola
Suatu majas yang mengungkapkan sesuatu dengan kesan yang berlebihan bahkan bisa juga sampai tidak masuk akal.
5. Majas Eufimisme
Majas Eufimisme adalah gaya bahasa yang mengganti kata-kaya yang dianggap kurang baik dengan padanan atau persamaan yang lebih halus.
6. Majas Metonimia
Majas metonimia adalah jenis majas yang menyandingkan merk atau istilah sesuatu untuk merujuk pada benda umum.
7. Majas Simile
Majas yang satu ini hampir sama dengan majas asosiasi tapi simile bukan membandingkan dua objek yang berbeda tapi menyandingkan sebuah kegiatan dengan ungkapan.
8. Majas Alegori
Majas alegori adalah majas atau gaya bahasa yang menyandingkan suatu objek dengan kata kiasan.
9. Majas Sinekdok
Majas Sinekdok terbagi menjadi dua, yaitu:
a. Sinekdok pars pro toto yang merupakan gaya bahasa yang menyebutkan sebagian unsur untuk menampilkan keseluruhan sebuah benda.
b. Sinekdok totem pro parte yang merupakan majas yang menampilkan keseluruhan untuk merujuk pada sebagian benda atau situasi.
10. Majas Simbolik
Majas simbolik merupakan gaya bahasa yang membandingkan manusia dengan sikap makhluk hidup yang lainnya dalam ungkapan.
Banyak sekali jenis majas yang dimiliki oleh majas perbandingan. Dengan mengetahui pengertian majas perbandingan dan beberapa pengertian jenis majasnya, bisa dipastikan Anda akan lebih mudah membedakan setiap jenis majas yang akan Anda temui. Agar bisa lebih handal dalam menggunakan majas, Anda bisa berlatih dengan membuat berbagai macam kalimat yang mengandung majas.

Itulah sedikit ulasan tentang pengertian majas perbandingan. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Majas Perbandingan Adalah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel