Pengertian dari Majas

Pengertian dari Majas  adalah Majas atau gaya bahasa yaitu pemanfaatan kekayaan bahasa, pemakaian ragam tertentu untuk memperoleh efek-efek tertentu yang membuat sebuah karya sastra semakin hidup, keseluruhan ciri bahasa sekelompok penulis sastra dan cara khas dalam menyampaikan pikiran dan perasaan, baik secara lisan maupun tertulis.-Ketika sekolah pasti Anda belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan bab majas. Materi majas pasti ditemui di setiap sekolah baik itu SD, SMP, atau bahkan SMA. Selain majas tentu saja pasti banyak materi yang lainnya, namun majas bisa dikatakan merupakan materi yang menarik untuk dipelajari. Sebelum membahas lebih jauh tentang majas, ketahui terlebih dulu pengertian dari majas. 
Pengertian dari majas sangat beragam karena ada beberapa ahli yang memberikan makna tertentu. Seperti Aminuddin yang mengatakan bahwa majas adalah cara yang digunakan oleh pengarang dalam memaparkan gagasannya sesuai dengan tujuan dan efek yang ingin dicapai. Berbeda dengan ahli yang lain seperti Prof. Dr. H. G Tarigan yang menyebutkan bahwa majas adalah cara mengungkapkan pikiran melalui bahasa secara khas yang memperlihatkan jiwa dan kepribadian penulis. 

Pengertian dari Majas 
Jika melihat pengertian dari majas yang disebutkan oleh Aminuddin dan Prof. Dr. H. G. Tarigan sudah cukup jelas. Namun jika kurang bisa memahami, pengertian dari majas adalah pemanfaatan kekayaan bahasa yang digunakan untuk mendapatkan efek-efek tertentu yang membuat sebuah karya sastra menjadi semakin hidup, keseluruhan ciri bahasa sekelompok penulis sastra dan cara yang khas dalam menyampaikan sebuah pikiran dan perasaan, baik itu secara lisan atau tulisan. 

Selain pengertian dari majas yang sudah disebutkan, masih ada pengertian lain dari beberapa ahli. Misalnya pengertian yang diungkapkan oleh Goris Keraf yang menyebutkan bahwa majas adalah suatu majas akan dikatakan baik bila mengandung tiga dasar, yaitu kejujuran, sopan santun, dan menarik. 

Selain Goris Keraf, Luxemburg dkk juga meyakini pengertian dari majas lainnya yang menyebutkan bahwa majas adalah sesuatu yang memberikan ciri khas pada sebuah teks dan teks pada giliran tertentu dapat berdiri seperti individu yang berbeda dengan individu yang lainnya. 

Selain memiliki banyak pengertian dari majas yang diungkapkan oleh beberapa ahli, majas juga memiliki beberapa macam yang dibedakan menjadi 4 yaitu majas perbandingan, majas pertentangan, majas sindiran, dan majas penegasan. Dari masing-masing kelompok yang sudah disebutkan, majas masih memiliki beberapa macam majas lagi. 

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa majas yang dikelompokkan dari masing-masing macamnya: 

1. Majas Perbandingan 
Majas perbandingan merupakan gaya bahasa yang digunakan untuk membandingkan suatu objek dengan objek yang lain melalui proses penyamaan, pelebihan, atau penggantian. Beberapa jenis dari majas perbandingan antara lain, personifikasi, metafora, asosiasi, hiperbola, eufimisme, metonimia, simile, alegori, sinekdok, dan simbolik. 

2. Majas Pertentangan 
Majas pertentangan merupakan gaya bahasa yang menggunakan kata kias yang bertentangan dengan maksud asli yang dicurahkan dalam sebuah kalimat. Beberapa jenis majas pertentangan seperti, litotes, paradoks, antitesis, dan kontradiksi interminis. 

3. Majas Sindiran 
Majas sindiran merupakan gaya bahasa yang menggunakan kata-kata kias yang memiliki tujuan untuk menyindir, baik itu untuk seseorang, perilaku, atau kondisi. Beberapa jenis majas sindiran adalah ironi, sinisme, dan sarkasme. 

4. Majas Penegasan 
Majas penegasan merupakan gaya bahasa yang memiliki tujuan untuk meningkatkan pengaruh kepada pembaca dengan tujuan untuk menyetujui sebuah ujaran atau kejadian. Beberapa majas penegasan adalah pleonasme, repetisi, retorika, klimaks, antiklimaks, pararelisme, dan tautologi. 

Jika melihat uraian yang sudah disebutkan maka bisa disimpulkan jika majas memiliki banyak sekali jenis dan untuk bisa menggunakannya Anda harus mengerti terlebih dulu setiap pengertian dari majas dan perbedaan yang dimiliki. 

Itulah sedikit ulasan tentang pengertian dari majas. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian dari Majas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel