Jenis dan Ciri-Ciri Surat Tidak Resmi Lengkap


Pengertian Jenis dan Ciri-Ciri Surat Tidak Resmi-Sekolah merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan karena dengan sekolah maka banyak ilmu yang bisa didapatkan. Misalnya saja dalam pelajaran Bahasa Indonesia yang mempelajari banyak hal, seperti cerita, puisi, pantun, drama, atau bahkan jenis dan ciri-ciri surat tidak resmi atau surat resmi.

Jenis dan Ciri-Ciri Surat Tidak Resmi Lengkap
Jika berbicara tentang surat maka yang paling sering ditemui adalah surat tidak resmi. Namun sebelum membahas terlalu jauh tentang surat tidak resmi, ketahui terlebih dulu apakah surat itu? Untuk Anda yang belum tahu, surat adalah sarana komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan informasi secara tertulis oleh suatu pihak kepada pihak yang lain. Singkatnya, surat adalah media komunikasi secara tertulis dan dulu surat menjadi media yang lebih sering digunakan sebelum adanya ponsel atau alat komunikasi yang lainnya.

Jenis dan Ciri-Ciri Surat Tidak Resmi
Jenis dan ciri-ciri surat tidak resmi bisa diketahui dengan sangat mudah. Agar bisa membedakan jenis dan ciri-ciri surat tidak resmi dengan mudah, perlu diketahui jika jenis surat terdiri dari surat resmi dan surat tidak resmi. Agar bisa benar-benar paham dengan perbedaan keduanya, kenali jenis dan ciri-ciri surat tidak resmi serta surat resmi beserta pengertiannya.
Untuk pembahasan jenis dan ciri-ciri surat tidak resmi yang pertama adalah pengertian surat resmi. Surat resmi adalah jenis surat yang biasanya digunakan dalam keadaan resmi dan biasanya surat resmi berisi tentang keperluan kedinasan suatu perusahaan, instansi, atau lembaga tertentu. Contoh surat resmi adalah surat lamaran pekerjaan, undangan rapat, surat izin, dan masih banyak yang lainnya.
Ciri-ciri dari surat resmi adalah bahasa yang digunakan merupakan bahasa baku yang sesuai dengan EYD, hanya digunakan untuk keperluan yang sifatnya resmi, bahasa yang digunakan efektif, singkat, padat, dan jelas maksud dan tujuannya, menggunakan struktur tulisan yang baku, memiliki kop surat jika dikeluarkan oleh lembaga resmi atau instansi, disertai stempel atau cap khusus pada kondisi tertentu. Selain kop surat, surat resmi juga memiliki nomor, lampiran, perihal, tanggal, serta alamat tujuan. 

Surat resmi akan dibuat dengan bentuk yang sistematis sesuai dengan aturan baku.
Setelah mengetahui pengertian dan ciri-ciri yang dimiliki oleh surat resmi, ketahui juga jenis dan ciri-ciri surat tidak resmi. Sesuai dengan namanya, surat tidak resmi adalah surat yang biasanya tidak digunakan dalam keadaan resmi. Salah satu contoh surat tidak resmi adalah surat yang digunakan untuk keperluan pertemanan atau persaudaraan.
Jika dilihat dari pengertian yang dimiliki, surat tidak resmi jelas sekali memiliki ciri-ciri ditulis dengan bahasa yang tidak baku atau bahasa sehari-hari. 

Surat tidak resmi tidak memiliki syarat khusus dalam penulisan atau pembuatannya sehingga penulis surat bisa dengan bebas menulis atau bahkan mencantumkan apa saja. Yang paling penting dari surat tidak resmi adalah si penerima surat bisa memahami surat yang diberikan.
Pada zaman dulu sebelum teknologi komunikasi belum secanggih sekarang, salah satu cara untuk tetap bisa saling berkomunikasi adalah dengan mengirimkan surat, baik itu surat resmi atau tidak resmi. Namun yang paling sering ditemui adalah surat tidak resmi yang datang dari sahabat pena atau keluarga dengan isi surat yang bervariatif.
Jika sudah memahami perbedaan dari jenis dan ciri-ciri surat tidak resmi maka Anda tidak akan bingung lagi mengenali setiap surat yang Anda terima.
Itulah sedikit informasi tentang jenis dan ciri-ciri surat tidak resmi. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Jenis dan Ciri-Ciri Surat Tidak Resmi Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel