August 4, 2017

Gelar Sarjana Lulusan AKPOL, IPDN, AKMIL, AAU, AAL

Gelar Sarjana Lulusan AKPOL, IPDN, AKMIL, AAU, AAL

Setelah menempuh pendidikan lebih kurang 4 tahun lamanya, para taruna/taruni dan praja yang dinyatakan lulus menjadi perwira muda akan segera dilantik oleh presiden RI. Setiap matra tersebut mempunyai gelar sarjananya masing-masing.

Gelar Akademi kepolisian (AKPOL)

Pada tahun 2012 dan 2013 pendidikan di Akpol hanya 3 tahun, artinya pada saat itu lulusannya hanya setara dengan d3. Setelah dinyatakan lulus dari akpol, maka akan langsung melanjutkan pendidikan PTIK yang gelar lulusannya adalah Sarjana Ilmu kepolisian (S.I.K)

Pada tahun 2015, akpol melaksanakan pendidikan murni selama 4 tahun dengan kurikulum baru dengan gelar Sarjana Terapan Kepolisian (S.T.K). Intinya, sebelumnya Akpol itu setara D3 lalu langsung dilanjutkan S1 PTIK, dan mulai tahun ini Akpol bisa melahirkan sarjananya sendiri dengan kurikulum baru yang setara S1 jadi pendidikannya 4 tahun dan gelarnya baru.

Gelar AKMIL, AAU, AAL

Setelah lulus pendidikan mereka berhak menyandang gelar Sarjana Sains Terapan Pertahanan disingkat SSTHan. Jenjang D4 ini juga sudah diakui oleh Dirjen Dikti baik di Akmil, AAL maupun AAU mengenai penyelenggaraan studi pada masing-masing akademi.

Satu tahun pertama taruna, semua angkatan menempuh pendidikan di Akmil. Selama tiga tahun menempuh pendidikan di masing-masing matra, baik di Akmil, AAL dan AAU. Lulusan akademi Tentara Nasional Indonesia (TNI) mulai tahun 2011 sudah berhak menyandang gelar sarjana setara S1. Gelar yang digunakan adalah Sarjana Sains Terapan Pertahanan (SSTHan).

Gelar Institut Pemerintahan Dalam Negeri IPDN

Pendidikan di IPDN dilaksanakan selama 4 tahun. lulusan IPDN ada 2 yaitu dari D4 dan S1, jadi akan ada dua gelar berbeda dalam satu angkatan, yaitu sebagian akan bergelar S.IP dan yang lainnya akan tetap bergelar S.STP. 

Untuk D4 akan disebar di IPDN Kampus Sumbar, IPDN Kampus Sulsel, IPDN Kampus Sulut, IPDN Kampus NTB, IPDN Kampus Papua, IPDN Kampus Kalbar, IPDN Kampus Riau. Sedangkan Untuk S1 berada di IPDN Kampus Jakarta

Penutup, D4 dan S1?

D4 atau pun S1 merupakan strata pendidikan yang setara dan sudah diakui oleh kementrian melalui SK mentri pendidikan Nomor 234/U/2000 pasal 1 ayat 16. Meski setara, D4 dan S1 itu jelas berbeda. D4 itu termasuk ke jalur pendidikan profesional sedangkan S1 termasuk ke jalur pendidikan akademis.

D4 maupun S1 memiliki jumlah sks yang sama, yaitu sejumlah 144 SKS. Bedanya pada jalur pendidikan profesional –sebut saja diploma- lebih menitik beratkan pada skill dengan lebih mengutamakan praktek dibanding teori dengan persentase 60% praktek berbanding 40% teori. Sebaliknya pada jalur pendidikan akademis lebih mengutamakan teori dengan perbandingan 40% praktek dan 60% teori.


EmoticonEmoticon