July 25, 2017

Peraih Lulusan Terbaik (Adhi Makayasa) Taruna AKPOL, TNI AAL, AAU, AAD 2017

Lulusan Terbaik Taruna AKPOL,  TNI AAL, AAU, AAD 2017

Setelah menempuh pendidikan selama lebih kurang 4 tahun, kini para taruna AKPOL, TNI AAL, AAU, AAD mengikuti pelantikan perwira remaja (paja) di Istana merdeka, Jakarta. Acara pelantikan tersebut berlangsung pada pukul 08.30 WIB. Presiden Jokowi akan menjadi instruktur dalam upacara tersebut.

Lulusan terbaik dari empat matra tersebut dianugerahkan bintang Adhi Makayasa kepada empat Capaja. Bintang Adhi Makayasa adalah penghargaan tahunan kepada lulusan terbaik dari setiap matra TNI dan Kepolisian. Terdiri dari Matra Darat (dari Akademi Militer Magelang), Matra Laut (dari Akademi Angkatan Laut Surabaya), Matra Udara (dari Akademi Angkatan Udara Yogyakarta), dan Matra Kepolisian (dari Akademi Kepolisian Semarang).

Penghargaan itu diberikan kepada mereka yang secara seimbang mampu menunjukkan prestasi terbaik. Prestasi ini dilihat dari tiga aspek, yaitu akademis, jasmani, dan kepribadian (mental).

Dalam keterangan resmi TNI, ada 437 calon perwira remaja yang akan dilantik oleh Jokowi. Mereka terdiri dari 224 orang dari Taruna Akademi Militer; 94 orang dari Taruna Akademi Angkatan Laut; 117 orang dari Taruna Angkatan Udara; serta dua orang dari Taruna National Defence Academy. Sementara dari Taruna Kepolisian berjumlah 292 orang.

Lulusan Terbaik Lulusan Terbaik Taruna AKPOL,  TNI AAL, AAU, AAD 2017

1. Samsul Huda
Akademi: Akademi Angkatan Laut
Korps: Teknik
Asal Sekolah: SMAN I Babat Lamongan
Orang Tua: Slamet
Pekerjaan Orang Tua: Petani

2. Bernardinus Y. Kristian
Akademi: Akademi Angkatan Udara
Korps: Elektronika
Asal Sekolah: SMU Taruna Nusantara
Orang Tua: Yunianto
Pekerjaan Orang Tua: Petani

3. Wiraswanrill Sagala
Akademi: Akademi Militer
Korps: Infanteri
Asal Sekolah: SMAN I Sumbul
Orang Tua: Burhan Sagala
Pekerjaan Orang Tua: PNS Pemda Sumut

4. Ade Hertiawan
Akademi: Akademi Kepolisian
Korps: Polri
Asal Sekolah: SMU Taruna Nusantara
Orang Tua: Herlan
Pekerjaan Orang Tua: Pedagang 


Raut wajah senang, bangga sekaligus terharu menyaksikan tangis bangga dari orang tua penerima bintang Adhi Makayasa tersebut. Apabila kita lihat profil dari penerima lulusan terbaik tersebut, rata-rata dari kalangan sederhana. Ini membuktikan bahwa semua taruna berhak berprestasi tanpa memandang status sosial mereka.

Setelah pembacaan Keppres dan penyematan Bintang Adhi Makayasa, Presiden Jokowi membacakan sumpah pelantikan yang diikuti oleh ratusan Capaja TNI-Polri.

Adhi Makayasa Taruna AKPOL,  TNI AAL, AAU, AAD 2017
Lulusan terbaik AKPOL,  TNI AAL, AAU, AAD 2017



EmoticonEmoticon