July 27, 2017

Indonesia maju jika berlandaskan Hymne Abdi praja

Indonesia maju jika berlandaskan Himne Abdi praja


Apa itu Hymne abdi praja? tentunya anda bingung dengan kata-kata tersebut. hymne abdi praja adalah lagu (hymne) yang wajib dinyanyikan serta menjadi dasar di sekolah kedinasan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Tidak tau siapa pencipta dari lagu tersebut, yang jelas lagu hymne tersebut memiliki makna yang dalam.

Ketika pertama kali saya mendengar lagu tersebut, rasanya bergetar jiwa dan raga ini. Mungkin ekspresi tersebut terlihat berlebihan, akan tetapi itulah yang saya rasakan. oleh karena itu, sebelum membahas makna hymne abdi praja, lebih baik anda membuka vidio dibawah ini.



Lirik Hymne Abdi Praja

DEMI TUHAN YANG MAHA ESA
NUSA DAN BANGSA
AKU BERSUMPAH SETIA
UNTUK MENGABDI DAN MELINDUNGI
SERTA MENGAYOMI BANGSAKU,NEGERIKU TANAH AIRKU
INDONESIA, KUSERAHKAN SELURUH JIWA RAGAKU
KUKERAHKAN SELURUH DAYAKU
UNTUK PERTIWI
TERIMALAH BAKTIKU
TERIMALAH PENGABDIANKU
ABDIPRAJA
DHARMA SATYA NAGARA BHAKTI
ABDIPRAJA
DHARMA SATYA NAGARA BHAKTI

Indonesia maju jika berlandaskan Himne Abdi Praja

Dalam memajukan negara Indonesia diperlurkan orang-orang yang memiliki rasa kenegaraan yang tinggi. Apabila seluruh aspek pemerintahan indonesia memiliki jiwa setia untuk mengabdi dan melindungi tanah air, maka dipastikan negara ini  akan maju. Dari lagu hymne abdi praja, yang saya resapi adalah pengabdian serta pelayanan yang diberikan dengan sepenuh hati, jiwa dan kekuatan demi Indonesia. 
Negara Indonesia adalah negara yang kuat, karena bersatu dari berbagi suku, agama, dan ras. Dari perbedaan tersebut lahirlah semboyan Bhinneka Tunggal Ika. 


Memajukan indonesia dengan berlandaskan hymne abdi praja yang menjadi ruh dan masuk dalam aliran darah seluruh masyarakat indonesia tentu saja membuat negara ini semakin kokoh dan disegani oleh negara lain. makna yang sangat dalam yaitu setia untuk mengabdi dan melindungi tanah air merupakan wujud penyerahan jiwa dan raga untuk Indonesia.

Para birokrat sebagai unsur penting dalam pergerakan roda pemerintahan juga diharapkan berperan dalam melayani dengan hati yang ikhlas sehingga masyarakat akan merasa dihargai. Pejabat pemerintahan bukanlah orang-orang yang harus dilayani, tetapi merekalah yang menjadi pelayan bagi masyarakat Indonesia. Apabila setiap orang memiliki rasa cinta akan tanah airnya, tentu saja segala perbuatan yang melanggar dan menjatuhkan harkat martabat indonesia tidak akan terjadi. 

Mengapa wajib dinyanyikan IPDN?

IPDN itu dibentuk untuk menghasilkan para pelayan masyarakat dalam pemerintahan. Setelah lulus dari IPDN menjadi pamong praja muda, mereka dipulangkan ke provinsi asalnya untuk mengabdi dan memajukan daerahnya sehingga antar provinsi dapat terjalin kerjasamanya.

Asal kata “pamong” berasal daribahasa Jawa “among” atau “emong” yang artinya adalah mengasuh atau membimbing atau mendidik. Dari kata among atau emong kemudian menjadi pengamong atau pengemong artinya orang yang mengasuh atau orang yang membimbing atau orang yang mendidik. Adapun istilah “praja” berasal dari bahasa Jawa kuno yang diartikan kerajaan atau negara. 

Jadi pantas saja lagu hymne abdi praja wajib dinyanyikan di IPDN karna merekalah calon pemimpin pemerintahan yang akan menggerakan roda pemerintahan tersebut. Indonesia dapat maju apabila pemerintahan tersebut dapat memiliki jiwa seperti yang terdapat dalam lagu hymne abdi praja.


EmoticonEmoticon