July 28, 2017

Bagus Gak D1 STAN? Kelebihan dan Kekurangan D1 STAN

Tags

Apa Kelebihan dan Kekurangan Diploma 1 (D1) STAN

Pada tahun ajaran 2017/2018 PKN STAN membuka kembali pendaftaran calon mahasiswa baru dengan kuota sebanyak 6.961 orang. pada tahun ajaran tersebut, PKN STAN memiliki jenjang pendidikan DI, DIII, DIV dengan program studi:

  • Program Studi Diploma I Kebendaharaan Negara;
  • Program Studi Diploma I Kepabeanan dan Cukai;
  • Program Studi Diploma I Pajak;
  • Program Studi Diploma III Akuntansi;
  • Program Studi Diploma III Kebendaharaan Negara;
  • Program Studi Diploma III Kepabeanan dan Cukai;
  • Program Studi Diploma III Manajemen Aset;
  • Program Studi Diploma III Pajak;
  • Program Studi Diploma III Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai; dan
  • Program Studi Diploma IV Akuntansi.


Antara Diploma I (D1), Diploma III (D3), dan Diploma IV (D4) mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Tentu saja rata-rata orang akan memilih kuliah pada tingkat D3 atau D4 karena dinilai akan mempunyai karir yang mungkin pada posisi yang lebih tinggi dari D1.

Apakah anda berpikiran seperti itu juga? mari kita bahas kelebihan dan kekurangan program studi Diploma I (D1)

Kelebihan program studi D1 STAN

- Masa Kuliah yang cepat
Diploma I (D1) mempunyai masa kuliah selama 2 semester yang artinya D1 akan menempuh pendidikan selama kurang lebih 1 tahun. Disamping itu juga untuk pembuatan tugas akhir juga tidak akan terlalu sulit, kurang lebih seperti makalah. Dengan menempuh pendidikan selama 2 semester tentu saja akan mengurangi resiko untuk D.O (Drop Out).

- Lulus Lebih Cepat
Setelah menempuh program studi D1 selama 2 semester, para mahasiswa akan di wisuda atau dinyatakan lulus dari PKN STAN tersebut. setelah itu akan menjalani serangkaian tes CPNS, magang dan diklat pemantapan CPNS. Dengan hanya menempuh pendidikan selama 1 tahun saja, maka peluang kamu untuk menjadi PNS diusia muda akan sangat terbuka.

- Beban Kuliah lebih ringan.
Karena perkuliahan dilaksanakan selama 2 semester tentu juga akan meringkankan beban kuliah di PKN STAN tersebut. Beban kuliah itu contohnya keperluan mahasiswa seperti buku, alat tulis, keperluan pribadi, dan lain-lain.

Kekurangan Program studi D1 STAN

- Golongan Rendah
Lulusan D1 PKN STAN masuk sebagai pegawai golongan 2A. Mau tak mau, tentu saja ini akan mempengaruhi gaji yang diterima oleh lulusan D 1 jika sudah bekerja nanti. 

- WAJIB KERJA
wajib kerja lulusan D1 adalah 4 tahun. Kalo sebelum masa wajib kerja habis dan mau keluar dari Kementerian Keuangan, maka harus mengganti biaya ganti rugi uang kuliah sebesar 10 juta.

- Kurang Puas Dengan gelar
D1 stan sebenarnya ada gelar "ahli pratama (A.P.) cuma biasanya tidak pernah dipakai. Dengan ketidakpuasan tersebut, seringkali mereka mengambil jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Apalagi jika kamu tinggal dilingkungan mnasyarakat atau keluarga yang menganggap S1 jauh lebih bergengsi dari Diploma 1.

- Pendapatan
Gaji pokok pegawai II-A dengan masa kerja 0 tahun adalah 1,5 juta. Pendapat ini akan terus meningkat sejalan dengan kenaikan pangkat dan golongan.

Mungkin itu saja kelebihan dan kekurangan dari program studi diploma I (D1). perlu dingatkan, untuk masuk ke prodi D1 stan itu tidak mudah. untuk itu jangan pernah menganggap remeh prodi D1. Untuk memperoleh jenjang pendidikan yang lebih tinggi, D1 harus sekolah lagi.

1 komentar so far


EmoticonEmoticon