June 10, 2017

Syarat Tinggi Badan Minimum AKPOL, AKMIL, IPDN, Poltekip, Poltekim

Syarat Tinggi Badan Minimum AKPOL, AKMIL, IPDN, Poltekip, Poltekim

Masalah Tinggi badan seringkali menjadi kendala dalam memenuhi syarat administrasi penerimaan sekolah kedinasan. Setiap kedinasan tentunya memiliki syarat-syarat tersendiri yang harus dipenuhi oleh calon peserta didik yang ingin mendaftar dikedinasan yang ia minati.

Kedinasan seperti AKPOL, AKMIL, IPDN, AIM, AKIP, STPI, dan kedinasan lainnya tentunya mempunyai kriteria tinggi badan tersendiri yang menjadi salah satu syarat mutlak dalam melakukan penerimaan calon taruna baru di sekolah kedinasan tersebut. 



Syarat tinggi badan tersebut memiliki batas minimal yang wajib terpenuhi, sebagai contoh di kedinasan tersebut tertera tinggi badan minimal 165 cm, maka tidak bisa tawar menawar lagi menjadi 163/164 cm itulah yang sering menjadi kendala serius dalam proses seleksi.

Mengapa tidak bisa ditawar padahal hanya kurang 0,3 atau 0,1 cm? jawabannya adalah setiap kedinasan mencari bibit/kader yang terbaik dari yang terbaik, itulah mengapa dalam proses seleksi tidak mengenal kata tawar menawar. Jika anda perhatikan pasti setiap kedinasan yang mendaftar lebih dari ribuan orang namun yang diterima hanya ratusan orang dari seluruh Indonesia, yang artinya anda harus mengalahkan puluhan bahkan ratusan orang untuk dapat bergabung dikedinasan tersebut.

Berikut ini syarat tinggi badan minimum untuk masuk AKPOL, AKMIL, IPDN, AIM, AKIP, STPI

  • Tinggi Badan minimum AKPOL (akademi kepolisian)

Pria = 165 cm
Wanita = 163 cm


  • Tinggi Badan minimum AKMIL (akademi militer)

Pria = 165 cm
Wanita = 163 cm


  • Tinggi Badan minimum IPDN (institut pemerintahan dalam negeri)

Pria = 160 cm
Wanita = 155 cm


  • Tinggi Badan minimum AIM/Poltekim (politeknik imigrasi)

Pria = 165 cm
Wanita = 158 cm


  • Tinggi Badan minimum Poltekip (politeknik ilmu pemasyarakatan)

Pria= 165 cm
Wanita= 158 cm


  • Tinggi Badan minimum STPI (sekolah tinggi penerbangan indonesia)

Pria= 165 cm
Wanita= 160 cm
Khusus Penerbang
Pria= 167 cm
Wanita= 165 cm

Dari syarat diatas apabila anda ingin aman dalam mengikuti seleksi penerimaan sekolah kedinasan tersebut, maka anda harus memiliki tinggi badan minimum yaitu 160-165 cm. masalah tinggi badan juga menjadi masalah serius karena tidak mudah untuk menambah tinggi badan dalam kurun waktu 1-2 minggu sebelum mengikuti seleksi penerimaan sekolah kedinasan

Namun jangan berkecil hati, karena ada penelitian mengungkapkan bahwa tinggi badan bisa dimaksimalkan hingga umur 22 tahun silahkan anda mencarinya di google. Untuk memaksimalkan dan memacu perkembangan tulang, anda bisa berusaha dari jauh-jauh hari sebelum mengikuti seleksi dengan cara berolahraga rutin seperti pull-up, tidur yang cukup, dan melakukan perenggangan/streaching untuk memacu pemanjangan tulang.

Untuk masuk ke sekolah kedinasan memang memerlukan usaha yang lebih ekstra dibandingkan perguruan tinggi negeri atau swasta, karena apabila anda telah bergabung didalamnya maka usaha anda akan terbayarkan. Untuk itu jangan patah semangat apabila anda menyadari bahwa tinggi anda kurang dari persyaratan tersebut.


EmoticonEmoticon