Dinas Pesiar, Pelepas lelah para taruna dari Kebosanan

Pesiar, Pelepas lelah para taruna

Pernah melihat segerombolan anak muda menggunakan seragam berada ditempat umum atau perbelanjaan? Ya, itu waktu pesiarnya para taruna. Setelah menjalani sederet rutinitas yang menguras tenaga dan pikiran, para taruna diberikan waktu untuk pesiar. Pesiar itu bukan berarti berlayar menggunakan kapal pesiar, tapi pesiar itu adalah hak yang diberikan oleh akademi kepada para taruna untuk melepas sejenak dari rutinitas.

Pada umumnya semua sekolah kedinasan seperti akmil, ipdn, akpol, poltekim, dan lainnya diberikan waktu pesiar oleh akademi/ lembaga kedinasan tersebut. ini adalah salah satu bentuk penyegaran kembali dari serangkaian aktivitas yang padat dan membosankan.


Kapan Pesiar taruna diberikan?

Pesiar para taruna pada umumnya diberikan pada hari sabtu atau minggu, terkadang juga saat tanggal merah/ hari besar. Para taruna tidak bisa bebas seperti mahasiswa pada umumnya. Ada peraturan yang mengatur kapan mereka diberikan waktu untuk pesiar. Ada kalanya pesiar tersebut dicabut oleh karena sesuatu hal dan maksud tertentu. Sebagai contoh melakukan pelanggaran, barak tidak rapih, dan menyalahi aturan akademi/ lembaga.

Para taruna juga diberikan pesiar ketika mereka mendapatkan reward atau hadiah atas kegiatan yang dianggap positif oleh akademi. Ketika pesiar diberikan, itu adalah kegembiraan bagi para taruna karena dapat bertemu keluarga, teman dan melepas kebosanan dari semua kegiatan diakademi.

Ketika pesiar, para taruna wajib menggunakan Pakaian dinas pesiar (PDP), itu wajib hukumnya. Pemakaian pakaian dinas pesiar berguna sebagai identitas para taruna sekaligus promosi sekolah kedinasan tersebut.

Saat waktu pesiar, para taruna diwajibkan menggunakan seragam yang serapih mungkin atau bahasa kerennya “Still”. Beratribut lengkap dan seragam selicin mungkin. Ini bertujuan agar tampak rapi dan gagah diluar akademi. Tak jarang taruna antar sekolah kedinasan bertemu dan saling menilai kerapihan dari kedinasan lain. Ini juga menjadi salah satu kebanggaan ketika berpenampilan rapi diantar kedinasan lain.

Lama waktu pesiar taruna?

Lamanya waktu pesiar ditentukan oleh akademi, waktu pesiar yang diberikan beraneka ragam. Pada umumnya mulai jam 9 pagi sampai 8 malam, tergantung dari kebijakan piket pada saat itu. Adakalanya waktu pesiar juga dicabut/ tidak diberikan pesiar oleh piket tersebut.

Meskipun diberikan kebebasan selama pesiar oleh akademi atau lembaga, mereka harus  tetap menaati peraturan yang telah dibuat oleh sekolah kedinasan tersebut. setelah melaksanaakan dinas pesiar, para taruna wajib hukumnya untuk kembali tepat pada waktunya. Apabila para taruna kembali tidak tepat waktu, ada sanksi yang menunggu mereka. Itulah mengapa para taruna harus pandai dalam memperhitungkan tujuan dan waktu yang diberikan.

Itulah dinas pesiar para taruna sebagai pelepas penat dan lelah dari rentetan rutinitas selama menjalani pendidikan diakademi. Ketika pesiar diberikan, itulah kemerdekaan oleh para taruna.
tags: Pesiar akpol, ipdn, akmil, stip, stsn, aim, akip
Previous
Next Post »