6 Tes Fisik Masuk AKPOL terbaru

Apa saja Tes Fisik Masuk AKPOL terbaru

AKPOL (akademi kepolisian) merupakan salah satu akademi yang banyak diincar oleh lulusan SMA/MA. Tentu banyak yang mengetahui bahwa setelah lulus dari akpol, langsung memperoleh pangkat IPDA (perwira pertama). Tes fisik akpol  dapat dikatakan tes yang gampang-gampang susah. Dikatakan seperti itu karena untuk masalah fisik tentu dapat dilakukan latihan yang rutin dan memaksimalkan kemampuan yang anda miliki untuk mengejar target minimal seleksi fisik/jasmani akpol tersebut.

Untuk menjadi taruna akademi kepolisian, anda perlu melalui tahap tersebut. Tes tersebut dinamakan Tes Kesamaptaan Jasmani atau tes fisik. Untuk itu anda harus mempersiapkannya dari jauh-jauh hari agar dapat memenuhi kriteria minimal dari nilai tes kesamaptaan jasmani itu.

Adapun tes fisik dalam akpol (akademi kepolisian) sebagai berikut:
1. Lari selama 12 menit

Yang dinilai dari tahapan ini adalah seberapa banyak anda mampu berlari selama 12 menit. Untuk pria minimal 6 putaran lapangan bola atau 2400 meter. Untuk wanita minimal 5 putaran lapangan bola atau 2000 meter. Agar anda mampu memenuhi persyaratan tersebut, maka anda perlu latihan secara rutin. Tips dari saya sering-sering lari siang dalam keadaan panas. Itu akan menambah kemampuan fisik anda dan jaga-jaga apabila ketika seleksi nanti anda kebagian tes pada waktu siang hari.

2. Pull up (Pria) dan Chinning (wanita) – 1 menit

Setelah tahapan lari, anda akan diberi waktu jeda untuk beristirahat sejenak. Manfaatkan waktu tersebut karena anda akan menghadapi tes pull up (pria) dan chinning (wanita). Adapun minimal pull up untuk pria sebanyak 8 dan chinning untuk putrid sebanyak 40. Pull up dan chinning dilakukan selama 1 menit,  Semakin banyak anda melakukan pull up dan chinning tentu akan menambah poin anda. Lakukan pull up dan chinning dengan benar agar dapat dihitung oleh pelatih.

3. Sit Up - 1 menit
Sit Up  adalah gerakan duduk-bangun. Posisi sit-up adalah tangan menganyam dibelakang kepala dan kaki dirapatkan. untuk pria minimal 40 kali dan wanita 35 kali. sit up ini mengukur kemampuan otot perut anda. waktu yang diberikan adalah 1 menit. lakukan gerakan dengan benar agar gerakan tersebut dapat dihitung oleh panitia.

4. Push Up – 1 menit

Untuk push up mempunyai syarat minimal pria 40 kali dan wanita 38 kali. Push up juga bisa dilatih dengan melakukannya secara rutin dan benar. selain itu untuk menambah kemampuan lengan, anda bisa pergi ketempat fitness utnuk latihan angkat beban secara bertahap. Push up dilakukan selama 1 menit tanpa henti, jadi apabila anda berhenti untuk mengambil nafas, waktu tersebut tetap berjalan. 

5. Shutle run (lari angka 8)

Shuttle run adalah lari yang membentuk angka 8 berjarak 10 meter. Terkadang banyak peserta lupa ketika berlari untuk membentuk angka 8, dan berakibat tidak dihitung bahkan disuruh ulang lagi. tentunya anda tidak mau hal itu terjadi. Oleh karena itu perlu konsentrasi juga agar tidak salah dalam mengambil jalur yang ditentukan. 
Untuk shuttle run, anda harus berlari sebanyak 3 putaran dengan waktu yang sesingkat-singkatnya. Semakin singkat waktu yang ditempuh, maka semakin tinggi nilai anda.

6. Renang -25 Meter

Seleksi selanjutnya yaitu renang. Renang diberikan waktu selama 1 menit dengan jarak tempuh 25 meter. Renang tidak diharuskan dengan gaya tertentu, tapi anda dituntut agar dapat menempuh jarak tersebut dalam waktu 1 menit. Untuk itu lakukan latihan dengan menggunakan stopwatch agar dapat mencapat target tersebut.

Itulah tes fisik akpol terbaru yang menjadi persyaratan agar lulus seleksi tes kesemaptaan jasmani akpol. Ada pepatah mengatakan “Proses tidak menghianati hasil”. Semakin baik anda berproses, maka hasil tersebut akan mengejar anda. Lakukan latihan dengan rutin agar dapat melewati tahapan seleksi tersebut.

Previous
Next Post »