May 19, 2017

Mau Tau sanksi pelanggaran berat bagi Taruna

Jenis Pelanggaran Berat yang menyebabkan taruna dipecat

Setiap sekolah kedinasan mempunyai peraturan yang dibuat agar para peserta didik tidak melakukan pelanggaran yang dapat menjatuhkan nama baik lembaga dan peserta didik tersebut. peraturan disiplin juga dibuat supaya para taruna dapat menaati dan membentuk sikap karakter para taruna yang diharapkan dapat berguna didunia kerja setelah lulus dari sekolah kedinasan tersebut.

Pada umumnya para taruna harus menandatangani nota kesepakatan sanggup menaati peraturan pada saat seleksi penerimaan sekolah kedinasan yang ia daftar. Syarat ini harus dipenuhi oleh para taruna sebagai salah satu syarat pada saat seleksi administrasi.

Dari perjanjian tersebut, para taruna dituntut untuk sanggup menaati dan memenuhi segala jenis peraturan yang tertera didalam peraturan disiplin tersebut. ketika para taruna melakukan pelanggaran, maka sanksi pun akan dijatuhkan kepada para taruna tersebut. Pelanggaran disiplin terbagi atas 3 yaitu pelanggaran ringan, sedang, dan berat. Pelanggaran yang sangat berdampak besar bagi para taruna adalah pelanggaran berat. Pelanggaran berat akan dijatuhi sanksi antara lain penurunan pangkat/tingkat, penahanan pangkat/tingkat, dan pemecatan taruna.


Adapun Pelanggaran Berat yang menyebabkan taruna dipecat


  • Mencuri
  • menyimpan, mengedarkan, dan atau menggunakan narkoba dan psikotropika dan lain-lain yang termasuk obat-obatan terlarang; 
  • membawa, menyimpan, memperjual-belikan senjata tajam, dan atau senjata api; 
  • melakukan perbuatan amoral dan atau asusila;
  • Melakukan Penipuan
  • Plagiat
  • Melakukan kekerasan
  • Minum minuman yang dapat memabukan
  • Melakukan pernikahan/kawin siri
  • membunuh


Diatas adalah jenis pelanggaran berat yang pada umumnya diterapkan oleh berbagai sekolah kedinasan yang ada diindonesia. Sanksi pelanggaran berat sangat berdampak bagi para taruna dan dapat mencoreng nama baik lembaga, pribadi, serta keluarga. Oleh karena itu para taruna dituntut untuk dapat menjaga citra dan harga dirinya agar tidak menyimpang dari aturan yang telah dibuat oleh lembaga kedinasan tersebut.

Banyak contoh dari penjatuhan sanksi kepada para taruna yang telah terbukti melakukan pelanggaran berat namun tidak terekspose oleh media. pelanggaran berat yang sering dijatuhkan terkait dengan kekerasan dan pemukulan dilingkungan sekolah kedinasan.

tags: pelanggaran berat akpol, akmil, ipdn, stmkg, stip, stpi, 


EmoticonEmoticon