Dibalik Tembok, Kisah Mistis Kampus IPDN Jatinangor

Kisah/ Cerita Mistis Kampus IPDN Jatinangor


Siapa yang tidak mengenal IPDN atau Institut Pemerintahan Dalam Negeri? salah satu sekolah kedinasan terbesar yang ada di Indonesia. IPDN membentuk aparatur sipil pemerintahan yang berkarakter dan siap bekerja.  Segudang prestasi sudah diterima baik itu dari tingkat nasional hingga internasional. 

Jatuh bangun sudah pernah dirasakan oleh lembaga tersebut mulai dari zaman APDN – STPDN – hingga bergabung dengan IIP menjadi IPDN. Pasti yang teringat dibenak anda adalah kasus kekerasan, image ini mungkin sudah mendarah daging dilembaga tersebut. 

Dari segudang pengalaman yang telah dirasakan lembaga tersebut, IPDN semakin berbenah diri dan menjadi lembaga kedinasan pelopor penggerak revolusi mental. Ketika anda memasuki lembaga kedinasan tersebut maka akan anda temui Banner besar bertuliskan revolusi mental.

Tapi siapa sangka dibalik megahnya tembok ipdn tersebut menyimpan segudang kisah mistis yang mungkin anda ketahui dari orang-orang yang berada disekitaran kampus ipdn jatinangor tersebut. kisah mistis ini sudah banyak diketahui oleh para peserta didik atau sebutannya praja dan juga masyarakat umum baik melalui cerita mulut kemulut ataupun dirasakan langsung oleh para praja. Berikut ini kisah /cerita mistis yang terjadi dikampus IPDN Jatinangor.


Malam Satu suro di IPDN Jatinangor

Malam satu suro adalah malam yang selalu diperingati dan dipercaya oleh sebagian masyarakat jawa. Malam satu suro adalah hari yang dianggap kramat dan dilarang untuk kemana-mana kecuali untuk berdoa dan beribadah.

Begitu juga dikampus IPDN Jatinangor, apabila malam satu suro tiba, pasti selalu saja ada kejadian aneh dan mistis terjadi. Dapat kabar jika malam satu suro dikampus ipdn, maka akan terdengar kereta kencana. Kereta kencana tersebut dikendarai oleh ratu yang mendiami kawasan tersebut, orang sekitar menyebutnya neng gelis atau praja menyebutnya “lilies”. 

Ketika malam satu suro, para praja biasanya dilarang untuk berkeliaran dilingkungan kampus ipdn. Apabila ada diantara praja yang mempunyai kemampuan melihat dunia lain, maka praja tersebut akan diperhatikan secara khusus. Begitu tutur dari salah satu praja.

Disamping itu pernah terdengar cerita bahwa pernah terjadi barak “menghilang””, salah seorang praja melihat sebuah wisma/ barak diselubungi oleh asap tebal sehingga menutupi seluruh bagian wisma/barak. Dan juga setiap malam satu suro, para praja yang mampu melihat dunia lain akan diminta bantuannya agar memasang tembok gaib. 

Neng gelis atau ratu yang mendiami kawasan tersebut diceritakan sangat tidak menyukai perempuan dan juga warna merah. Jadi seringkali apabila barak wanita kotor, maka menjadi sasaran empuk untuk dikunjungi oleh neng gelis tersebut. neng gelis digambarkan sebagai perempuan yang menggunakan baju merah. 

Penampakan Alm. Cliff muntu di IPDN jatinangor

Cliff muntu adalah salah satu praja yang meninggal di kampus ipdn tersebut. jadi terdengar kabar ada yang pernah bertemu alm. Cliff muntu. Diceritakan bahwa pada malam hari ada seorang pengasuh yang mendapati praja berkeliaran diwaktu malam hari. Pengasuh adalah orang yang mengasuh para praja disetiap baraknya. Jadi pengasuh tersebut mengejar dan mendapati praja tersebut, namun praja tersebut ketika ditanya dia hanya diam saja. 

Pengasuh tersebut mengambil papan nama praja tersebut dan menyuruhnya untuk menghadap ke posko yang ada di lembaga tersebut. sembari berjalan menuju posko, pengasuh tersebut sedikit bingung ada praja yang berkeliaran dimalam hari menggunakan baju dinas. Sesampainya diposko, pengasuh tersebut melihat papan nama praja tersebut dan yang didapatinya bertuliskan nama cliff muntu. Tidak tau apa yang dirasakan pengasuh tersebut ketika menjumpai papan nama yang bertuliskan alm cliff muntu. Namun terdengar kabar juga banyak jin atau hantu yang seringkali menyerupai alm.cliff muntu, tidak tau itu benar atau salah.

Kisah diatas adalah cerita mistis yang sudah banyak beredar disekitaran kampus ipdn. Disamping itu masih banyak segudang kisah yang tersimpan dibalik tembok megah kedinasan IPDN. Apabila anda ingin mengetahui lebih jauh, mungkin anda dapat bertanya kepada teman anda yang menjalani pendidikan dilembaga institute pemerintahan dalam negeri.

Jika ada kisah mistis yang anda alami dikampus ipdn, silahkan mengisi tulisan anda dikolom komentar dibawah ini.

Tags:

Kisah mistis kampus ipdn jatinangor
Cerita hantu di ipdn
Hantu neng gelis di ipdn
Cerita penampakan alm. Cliff muntu


Latest
Previous
Next Post »