May 15, 2017

Biaya Pendidikan Kuliah STTD serta Kekurangannya

Biaya Pendidikan Kuliah serta Kekurangan di STTD

Sekolah Tinggi Transportasi Darat atau yang biasa disingkat STTD adalah perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perhubungan, yang menyelenggarakan pendidikan yang berbasis vokasi dan akademik dalam bidang transportasi darat yang ada di Indonesia.



STTD merupakan perguruan tinggi kedinasan tetapi bukan ikatan dinas. Selama pendidikan Taruna/i diasramakan, bagi taruna Pola Pembibitan setelah selesai Pendidikan akan dikembalikan ke daerah asal sesuai Nota Kesepahaman antara STTD dengan Pemerintah Daerah.

Bagi Taruna yang berasal dari rekrutasi umum/reguler setelah diangkat menjadi taruna dapat mengajukan permohonan mengikuti pola pembibitan sesuai kebutuhan kerjasama dengan Pemerintah Daerah/BUMN/BUMD.

Pola penerimaan STTD ada 2:


  • Jalur Reguler
  • Jalur/pola Pembibitan

– Jalur Reguler seperti mahasiswa pada umumnya biaya dan soal pekerjaaan ditanggung sendiri.

– Pola pembibitan merupakan kerja sama STTD dengan Pemda. Sistem ini mirip dengan sistem ikatan dinas terhadap tarunanya. Dengan pola itu maka taruna akan menyandang status pegawai negeri sipil. Namun sebelumnya peserta harus mengikuti tes kompetensi dasar (TKD) yang diadakan BKN.

Biaya Kuliah STTD

Biaya kuliah dibebankan kepada peserta didik yang terhitung ketika dinyatakan sebagai taruna di STTD tersebut. biaya kuliah ini pada tahun ajaran 2015-2016

Kekurangan Dalam Kedinasan STTD

Kekurangan dalam lembaga kedinasan sttd ini menyangkut masalah biaya, mengapa saya katakan seperti itu? Mari kita lakukan perhitungan:

Uang akademik / semesternya=  Rp. 4,8 jt x 8 (smstr) =  38,4 jt
Belum lagi soal Uang makan sebesar Rp. 950.000/bulan yang apabila dikalikan 4 tahun dalam melaksanakan pendidikan di sttd tentu akan menghasilkan biaya yang sangat besar. Sungguh fantastis untuk biaya kuliah kedinasan selama melaksanakan pendidikan di STTD. Kebutuhan akan tenaga ahli di bidang transportas semakin tahun sangat diperlukan, besar harapan agar sekolah kedinasan dibawah naungan departemen perhubungan ini dapat dipertimbangkan dan diperhatikan khususnya dalam biaya pendidikan sttd tersebut.

1 komentar so far

untuk pola pembibitan biaya nya berapa?


EmoticonEmoticon