Pertimbangan Dan Biaya masuk STPI Curug

STPI (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia) merupakan sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Didirikan di Jakarta, tepatnya di daerah Gempol-Kemayoran pada tahun 1952, institusi pendidikan ini semula diberi nama Akademi Penerbangan Indonesia (API). Tahun 1954 API dipindahkan dari Jakarta ke kampusnya yang baru, di wilayah kecamatan Legok, Tangerang. Dari API, kemudian berubah nama menjadi LPPU, PLP dan sekarang menjadi STPI.

Mengapa Memilih STPI?
STPI telah berpengalaman dalam mendidik dan melatih personil dalam bidang penerbangan.

Bagaimana Menjadi Taruna STPI Curug?
Untuk menjadi peserta didik di STPI, terlebih dahulu melalui tahapan seleksi. Seleksi ini meliputi akademis, kesehatan, psikotes, dan wawancara.

Bagaimana Kesempatan Kerja setelah lulus?
Saat ini alumni STPI telah tersebar ke beberapa lapangan kerja seperti perusahaan maskapai penerbangan, perusahaan pengelola bandar udara, perusahaan penyedia layanan lalu lintas udara, perusahaan minyak, dan lain – lain.

Berapa Biaya kuliah di STPI Curug?
Biaya pendidikan di STPI relatif bisa bersaing dengan sekolah – penerbangan yang lain. Ditambah lagi dengan keunggulan pengalaman dan kemampuan STPI dalam menghasilkan lulusan yang berkompeten.



Jurusan Di STPI Curug:

  • PILOT

Jurusan Penerbang menghasilkan lulusan yang berkompeten, berdedikasi tinggi dan siap menjadi penerbang ataupun personil penerbangan yang handal dan profesional.

  • AVIATION ENGINEERING

Jurusan Teknik Penerbangan menghasilkan lulusan yang berkompeten, berdedikasi tinggi dan siap menjadi personil penerbangan yang handal dan profesional dalam bidang teknik.

  • AVIATION SAFETY

Jurusan Keselamatan Penerbangan menghasilkan lulusan yang berkompeten, berdedikasi tinggi dan siap menjadi personil penerbangan yang handal dan profesional dalam bidang keselamatan.

  • AVIATION MANAGEMENT

Jurusan Manajemen Penerbangan menghasilkan lulusan yang berkompeten, berdedikasi tinggi dan siap menjadi personil penerbangan yang handal dan profesional dalam bidang manajemen.
Sumber : stpicurug.ac.id

Kelebihan Dan Kekurangan STPI Curug :

  • Kelebihan:

Dengan adanya fasilitas yang lengkap, tenaga pengajar yang profesional, dan biaya pendidikan yang ditanggung pemerintah, maka STPI Curug memiliki daya tarik tersendiri untuk membuat ribuan orang mendaftar di sekolah penerbangan ini. Disamping itu, lulusan STPI Curug juga memiliki kesempatan besar untuk bekerja sebagai pilot dan atau staf di kantor perhubungan dan maskapai-maskapai penerbangan di Indonesia.


  • Kekurangan:

STPI Curug menerapkan proses penerimaan siswa/i yang terbilang cukup sulit. Hal ini dapat terlihat dari banyaknya rangkaian tahapan seleksi yang harus dilalaui oleh para calon peserta didik, seperti tes potensi akademik, seleksi kesamaptaan, psikotes, dan wawancara, tes kesehatan I dan II, dan tes bakat terbang. Dari rangkaian tahapan seleksi ini, jumlah peserta yang diterima oleh STPI adalah tak lebih dari 20 orang saja dari ribuan peserta. Disamping itu biayanya dapat dikatakan mahal.

Previous
Next Post »