April 7, 2017

Mengetahui Informasi Lebih Jauh kedinasan STMKG

Sipepito.comSTMKG atau kepanjangan dari Sekolah Tinggi Meteorologi klimatologi dan geofisika yang berada dibawah naungan Badan Meteorologi klimatologi dan geofisika (BMKG) teletak di Pondok betung, bintaro, tangerang. STMKG adalah perubahan nama dari AMG (akademi meteorologi dan geofisika).

Setiap tahunnya STMKG menerima taruna/taruni sebanyak 250 orang dari seluruh nusantara. Untuk dapat bergabung dalam ikatan dinas STMKG, kamu harus mengikuti pendaftaran PTB STMKG secara online. Untuk mendaftar nya bisa mencarinya di ptb.stmkg.com.

STMKG mempunyai 4 jurusan yang berbeda-beda, mulai dari :
  • Meteorologi yang mempelajari cuaca, citra satelit, citra radar, banjir, kebakaran, meteo marim, meteo penerbangan.
  • Klimatologi yang mempelajari hujan bulanan, perubahan iklim, kualitas udara dan el nino la nina
  • Geofisika yang mempelajari gempa bumi, tsunami, gravitasi, tanda waktu, magnet bumi, seismologi, petir
  • Dan instrumentasi yang mempelajari tentang rekayasa alat mkg

Masing-masing jurusan diperlukan oleh BMKG karena itu menyangkut dengan kebutuhan akan tenaga professional dibidang jurusan tersebut. disamping itu, selama menjalani masa pendidikan di STMKG, kamu akan menerima tunjangan ikatan dinas yang diperoleh setiap bulannya.


Keuntungan Masuk Kedinasan STMKG (sekolah tinggi meteorology, klimatologi, dan geofisika)
Dalam menjalani kehidupan di kedinasan tersebut, kamu tidak dipungut biaya sama sekali mulai dari makan, kuliah, Uang saku, dan setelah lulus akan diangkat menjadi PNS golongan III/a di BMKG. Pada intinya sekolah kedinasan tersebut dapat kamu jadikan tujuan selanjutnya setelah SMA.
STMKG hanya membuka program pendidikan D4 (Setara S1) dengan gelar sarjana sains terapan. D4 dengan S1 itu setara namun kalau D4 pada umumnya bergelar terapan seperti di IPDN. 

Sistem pendidikan di STMKG juga dapat dikatakan ala-ala militer, karena ada latihan dasarnya seperti baris-berbaris, kesehariannya menggunakan Pakaian dinas harian, lapangan, upacara, dll, dan memiliki serangkaian aturan yang telah diatur oleh sekolah tinggi tersebut. namun pendidikan di STMKG tidak seras  di AKMIL (AAD,AAL,AAU), pendidikan di STMKG masih semi militer.

Untuk dapat masuk di STMKG selain melalui pendaftaran administrasi, kamu juga harus melalui serangkaian tes yang namanya Tes Kemampuan Dasar (TKD),  Tes Kemampuan Akademik (TKA), dan dilanjutkan dengan tes kesehatan serta wawancara. Untuk itu kamu perlu mempersiapkan pengetahuan dan kesehatan anda agar dapat bergabung dalam sekolah kedinasan ini.


Soal TKD dan TKA STMKG sebenarnya mirip-mirip dengan soal SBMPTN, untuk itu kamu perlu mempelajari soal tersebut agar mudah dalam mengerjakan tes tersebut. Untuk tes kesehatan, usahakan sebelum datang ke RSUD atau ke tempat yang telah di tunjuk, minumlah susu dan gizi yang mencukupi. Jangan sampai sakit hingga pelaksanaan tes kesehatan. Karena bisa mengurangi nilai. Jujurlah dengan keadaan tubuh saat dites oleh dokter. Untuk tes wawancara, datanglah ke lokasi tes dengan berbaju rapih dan sopan, misalnya mengenakan kemeja, bersepatu dan bercelana kain (bukan jeans). Jawablah dengan sopan, tegas, lugas dan percaya diri saat menjawab pertanyaan penguji.

Prospek Kerja lulusuan STMKG jangan diragukan lagi, karena lulusan nya langsung diambil/diangat oleh BMKG itu sendiri sebagai tenaga professional menurut bidan dan jurusan yang mereka tempuh selama masa pendidikan. Selain itu juga telah berstatus PNS dengan golongan III/a. mungkin hanya itu saja sekilas informasi mengenai sekolah kedinasan STMKG


EmoticonEmoticon