April 11, 2017

Mau Tau Gaji Dan Jenjang Karir Lulusan AKMIL

Salah satu profesi yang terkenal dengan baju seragamnya yang khas adalah anggota militer yang kalau di Indonesia berada dibawah markas Tentara Nasional Indonesia (TNI). Lembaga ini mewadahi tiga divisi: angkatan darat (TNI-AD), angkatan laut (TNI-AL) dan angkatan udara (TNI-AU). Tentu saja tidak mudah untuk bisa bergabung menjadi anggota TNI. Selain butuh fisik yang kuat, anggota TNI juga diharuskan cerdas, berani, disiplin, dan tangkas.


Rekrutmen di institusi TNI dibagi menjadi tiga tingkatan, yaitu rekruitmen untuk tamtama, bintara, dan akademi militer (akmil). Tingkatan pendidikan itu tergantung latar belakang pendidikan si calon anggota, apakah dia lulusan SMP atau SMU. Selain itu minat dari calon anggota juga berpengaruh.

Bagaimana dengan akmil? Nah persyaratan untuk masuk akmil juga bisa dilakukan lulusan SMU dan mendapat pendidikan selama empat tahun. Lulusan akmil akan berpangkat letnan dua (letda).
Baca : Persyaratan Terbaru Masuk Akmil

Informasi tentang gaji pokok ini tercantum dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 31 tahun 2015 tentang perubahan ke 11 atas, Peraturan Pemerintah Nomor 28 tahun 2001 tentang peraturan gaji anggota TNI. Selain pangkat, besaran gaji yang diterima disesuaikan dengan masa tugas masing-masing prajurit.

Gaji untuk golongan I tamtama yaitu antara Rp1,5 juta sampai Rp2,8 juta, sementara golongan II Bintara mendapatkan gaji antara Rp2 juta hingga Rp3,8 juta. Gaji golongan III perwira pertama sekitar Rp2,6 juta hingga Rp4,6 jutaan.
Perwira menengah akan mengantongi gaji antara Rp2,8 juta hingga Rp4,9 juta sementara perwira tinggi mendapatkan gaji antara Rp3,1 juta hingga Rp5,6 juta.
Baca: Seragam Dinas Taruna TNI

Setelah lulus dari akademi militer tersebut, maka akan mempunyai pangkat Letnan dua (Letda). Sesuai dengan PP 28 Tahun 2001 berarti akan menerima gaji sebesar Rp.2,6 Jt-4,6 Jt (menurut tahun 2016). Gaji tersebut belum termasuk dengan tunjangan yang akan diterima oleh Perwira tentara tersebut.
Baca : Urutan Pangkat Taruna Akademi militer

Bagaimana Dengan Karir Lulusan Akmil?
Lulusan Akmil jangan diragukan lagi. Rata-rata lulusan akmil dapat dipastikan akan menempati posisi yang strategis dan bagus dalam karir kedepannya. Contoh nyata lulusan akmil adalah Presiden RI ke-6 yaitu bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Disamping itu kenaikan pangkat juga dapat dibilang sangat cepat karena rata-rata lulusan dari akademi tersebut dapat dikatakan berkompeten dibidang militer, makanya tak jarang komandan tni dipegang oleh para alumni akademi mileter tersebut.



Jadi, Apabila anda ingin bergabung dan mengabdikan diri anda sebagai anggota TNI, maka anda perlu menyiapkan fisik, mental, intelektual, dan jiwa patriotisme.  Tidak sembarangan orang dapat bergabung dan menerima pembinaan dilembah tidar tersebut. jangan terpengaruh dengan sogok-menyogok atau titip nama dalam seleksi penerimaan taruna akademi militer, tetapi perkuat diri anda untuk dapat lolos dalam setiap seleksi tersebut. NKRI harga mati, ragu-ragu balik kanan!


EmoticonEmoticon