April 6, 2017

9 Filosofi Dalam Pakaian Dinas Praja IPDN

Sipepito.com- Seragam adalah pakaian dinas keseharian yang digunakan Taruna atau praja sebagai peserta didik disuatu perguruan tinggi kedinasan yang mereka pilih. Seragam juga menjadi jati diri dari mana mereka dibentuk dan dibina.
Seragam dinas IPDN memiliki filosofi dalam apabila anda ketahui. Berikut ini adalah filosofi dari pakaian dinas IPDN mulai dari atas,



1. Muts : Muts memiliki warna dasar biru yang melambangkan bahwa seorang praja haruslah memiliki pemikiran yang sangat luas.  Pemikiran yang sangat luas bukan sekedar hanya kemampuan intelektual, namun juga harus memiliki pemikiran yang bijaksana dengan menentukan berbagai pertimbangan yang ada. Selain itu, Muts juga memiliki garis/lis kuning yang melintang. Arti dari list kuning tersebut adalah Perwira. Perwira merupakan pemimpin yang setelah lulus akan langsung diangkat menjadi PNS Golongan III/a

2. Kewiraan  : kewiraan letaknya pada bagian depan muts yang melambangkan seorang perwira.

3. Monogram IPDN : Monogram terletak pada kerah pakaian dinas praja IPDN yang melambangkan identitas asal mereka dibentuk.

4. Papan Nama: Papan nama terletak diatas saku kanan baju. Papan nama terebut berlatarkan warna hitam yang artinya hukum dan nama praja yang berwana putih yang melambangkan identitas diri. Jadi papan nama mempunyai filosofi bahwa identitas praja harus bersih serta berada diatas hukum/aturan.

5. Lambang Kemendagri  : Lambang kemendagri terletak di atas papan nama yang mempunyai filosofi bahwa IPDN berada dalam naungan Kementrian dalam Negeri.

6. Bordir Lambang IPDN : Terletak pada lengan kiri baju yang menandakan identitas lembaga tersebut.

7. Pakaian Dinas : Baju dan celana praja ipdn memiliki warna cokelat seperti tanah yang mempunyai filosofi bahwa praja itu harus merakyat, mengayomi, dan melindungi.

8. Tali ikat pinggang : Ikat pinggang mempunyai warna hitam artinya bahwa praja tersebut terikat pada aturan hukum yang berlaku.

9. Sepatu : warna sepatu pdh dan pdl praja adalah hitam yang memiliki filosofi bahwa praja berdiri diatas hukum
Itulah filosofi dari pakaian dinas praja ipdn yang pada umumnya dipakai oleh seluruh praja. selain itu terdapat brevet/ pin tambahan yang digunakan praja sebagai tanda jabatan sesuai dengan pengkaderan yang mereka pilih.


EmoticonEmoticon