Gaji dan Jenjang Karir lulusan IPDN

Gaji lulusan IPDN- IPDN (institute pemerintahan dalam negeri) adalah lembaga pendidikan kepamongprajaan dibawah naungan kementrian dalam negeri (Kemendagri). Lamanya pendidikan di institute pemerintahan dalam negeri tersebut selama 4 tahun dimulai dari dikukuhkannya calon praja menjadi praja. Praja adalah sebutan kepada mereka menjalani pendidikan di ipdn. Pola pendidikan di ipdn menerapkan tri tunggal terpusat yang terdiri dari pengajaran, pelatihan, dan pengasuhan.
Setelah lulus dari lembaga pendidikan tersebut para purna praja atau sebutan untuk alumni ipdn akan langsung diangkat menjadi pegawai negeri yang mempunyai golongan 3A. 


Untuk gaji golongan 3A tahun 2016:
Gaji PNS golongan III Tahun 2016 gaji terendah yaitu golongan (IIIa masa kerja 0 tahun) kini adalah Rp 2.456.700 (tahun sebelumnya Rp 2.317.600). Adapun gaji tertinggi untuk PNS golongan III (IIId masa kerja 32 tahun) kini menjadi Rp 4.568.800 (gaji tahun sebelumnya Rp 4.310.100).


Gaji diatas belum termasuk tunjangan yang akan diterima. Untuk menjadi Pegawai negri sipil pada saat ini dibilang sangat susah, mengapa? Karena telah dikeluarkanya peraturan baru dari Menpan-RB bahwa pendaftaran PNS tidak akan dibuka hingga batas waktu yang telah ditentukan. Dan banyak sekali yang ingin berminat menjadi seorang PNS dari berbagai lulusan yang ada diuniversitas dan saingannya sangat banyak.


Lulusan ipdn setelah lulus langsung memperoleh golongan 3A dan dapat dikatakan mempunyai gaji yang standart, tapi perlu diketahui jenjang karir dari lulusan tersebut dapat dikatakan sangat cepat. Karir lulusan ipdn dapat langsung ditempatkan diposisi strategis seperti camat atau lurah. Dan tak heran untuk jabatan tidak diragukan lagi dapat langsung dipromosikan menjadi kepala bagian yang dapat berdampak pada kenaikan pangkat golongannya juga.

Tidak heran mengapa banyak dari kepala daerah ataupun kepala berbagai instansi diduduki oleh para purna praja IPDN. Selama pendidikan di lembaga tersebut, para praja diajarkan dan dilatih khusus dibidang kepamongprajaan yang dikhususkan pada pemberian pelayanan serta inovasi dan kreasi yang akan di buat untuk bekal setelah lulus dari lembaga pendidikan tersebut.


Jadi jangan khawatir mengenai karir dari lulusan ipdn karena bisa dikatakan mempunyai masa depan yang cerah dalam jenjang karir tersebut. Disamping itu apabila ada yang ingin membangun karir dibidang politik, lulusan dari ipdn dapat diandalkan dalam kinerja dan inovasinya. Itulah gaji dan jenjang karir dari lulusan ipdn

Previous
Next Post »