Apakah gigi berlubang atau dicabut bisa mendaftar akpol, akmil, ipdn

Apakah gigi berlubang atau dicabut bisa mendaftar akpol (akademi kepolisian)?

apakah gigi berlubang atau ompong bisa mendaftar akpol

Gigi berlubang atau hilang merupakan kendala bagi sebagian orang yang ingin mendaftar akademi kepolisian (Akpol). Rata-rata banyak yang bertanya mengenai kasus seperti ini, sehingga menyebabkan hilangnya kepercayaan diri dari calon pendaftar tersebut.
Jawaban atas gigi berlubang atau dicabut bisa mendaftar akpol adalah bisa, namun disini mempunyai persyaratan khusus. Saya mendapatkan informasi dari beberapa rekan saya mengenai hal tersebut. ada beberapa persyaratan atas gigi yang berlubang atau dicabut

  • Gigi yang berlubang harus ditambal
  • Gigi yang ditambal sebisa mungkin mirip dengan gigi asli
  • Gigi yang hilang hanya bagian graham max 2
  • Gigi yang hilang tidak boleh bagian depan
  • Gigi yang dicabut tidak boleh 2 gigi dalam satu deret seperti jika gigi geraham dicabut, maka disebelah gigi geraham tidak boleh dicabut juga
  • Tidak menggunakan gigi palsu


Persyaratan diatas merupakan informasi yang telah saya kumpulkan dalam seleksi penerimaan taruna/I akademi kepolisian pada bagian tes kesehatan. Segeralah pergi kedokter gigi dan periksakan kendala gigi anda. Gigi yang berlubang dapat ditambal dengan menggunakan semen gigi  yang dapat menyamar dengan warna gigi asli. Biasanya biaya yang dikeluarkan untuk satu gigi yang ditambal seharga kurang lebih 100 ribu.
Selain itu melakukan perawatan gigi seperti membersihkan karang-karang gigi menambah nilai kesehatan gigi anda. Menjaga kesehatan gigi dapat anda lakukan dengan cara mengurangi minum kopi, merokok, dan menyikat gigi setiap hari. Dengan begitu maka gigi anda akan tampak lebih terawat dan tidak mempunyai kendala dalam pendaftaran akademi kepolisian (akpol).


Untuk kasus bagaimana jika gigi depan hilang?
Informasi yang saya terima untuk bagian depan gigi adalah tidak bisa, mengapa? Karena bagian tersebut merupakan bagian estetika dari seseorang. Bisa anda bayangkan apabila seorang taruna/ taruni polisi sedang berbicara dan gigi mereka tampak ompong, tentu akan mengurangi kewibawaan seseorang. Oleh karena itu masuk akal bila dalam seleksi kesehatan jarang ada calon yang bergigi ompong.


Bagaimana apabila gigi depan tidak rata? Apakah bisa mendaftar akpol?
Gigi depan tidak rata dapat anda atasi dengan pemasangan kawat gigi / behel dari jauh-jauh hari sebelum pendaftaran akpol tersebut dibuka. Gigi yang tidak rata dapat ditoleransi dengan kriteria gigi depan tersebut tidak terlalu Nampak jelas. Jadi apabila gigi anda tidak rata bisa dibawa berkonsultasi ke dokter gigi dan bertanyalah jika kamu mau mendaftar akpol, bagaimana cara memanipulasinya.


Gigi mana yang ditoleransi ompong?
Sebenarnya tidak ada toleransi untuk ompong, namun informasi yang saya dapatkan adalah ada gigi yang dapat ditoleransi karena dicabut. Bagian gigi tersebut adalah gigi geraham. Gigi geraham juga mempunyai batas minimalnya, yaitu sebanyak 2 gigi geraham.
Tidak diperbolehkan apabila jika sudah mencabut gigi geraham , lalu gigi disamping kiri atau kanan geraham juga ompong yang menyebabkan 2 gigi hilang dalam satu deretan gigi. Hal tersebut jelas akan menggangu nilai estetika dari gigi tersebut.


Masalah Karang gigi?
Masalah karang gigi dapat diatasi dengan cara melakukan pembersihan karang gigi di dokter gigi daerah anda. Biayanya juga tidak terlalu mahal, tetapi jika karang gigi anda banyak biasanya dikenakan biaya tambahan dari dokter gigi tersebut.

Apabila anda ingin bertanya, silahkan mengisi kolom komentar dan akan segera saya jawab. Berkomentarlah dengan sopan dengan format “Selamat (pagi, siang, malam) bang, izin bertanya ….”
Previous
Next Post »

54 komentar

Write komentar
Iqbal Cold
AUTHOR
February 19, 2017 at 5:35 AM delete

gigi saya masih ada ,tapi tinggal setengah

Reply
avatar
D J
AUTHOR
February 23, 2017 at 9:32 AM delete

Bagian mana yang tinggal setengah itu?

Reply
avatar
Iqbal Cold
AUTHOR
February 26, 2017 at 5:25 AM delete

gigi bagian samping kanan saya , masih ada sedikit

Reply
avatar
D J
AUTHOR
February 26, 2017 at 8:21 AM delete

Bila itu gigi geraham, apabila masih bisa ditambal lebih baik ditambal. Namun apabila tidak bisa sebaiknya dicabut saja.

Reply
avatar
February 28, 2017 at 4:21 AM delete

bagaimana kalau gigi graham kiri saya dan gigi atas saya tepat diatas gigi graham kiri saya bolong&gigi graham kanan saya bolong. apakah masih bisa untuk lolos dalam pemeriksaan? tolong infonya..

Reply
avatar
Bayu Ridho
AUTHOR
April 2, 2017 at 7:27 PM delete

Saya mau daftar polri, tapi gigi geraham saya juga sudah dicabut satu. Saya masih ragu apakah boleh kalu diimplan gigi palsu atau dibiarkan saja?

Reply
avatar
April 4, 2017 at 4:51 PM delete

Selamat pagi salam sejahtera untuk kita semua, saya mau bertanya
Saya punya gigi yang tumbuh menumpuk di tempat yang sama dan gigi yang tumbuh di depan tidak pada tempat nya saya cabut dan itu gigi taring jadi gigi taring saya satu tidak ada, tapi tidak ompong karna tempat bagian gigi taring itu masih di tempati gigi lainnya dan akan saya rapikan, kira kira bagaimana bisa lolos seleksi gigi tni ga ya mohon pencerahan nya

Reply
avatar
April 4, 2017 at 9:58 PM delete

Tentu masih bisa mas fauzan, asalkan gigi graham yang bolong tersebut ditambal dengan semen gigi yang dapat menyamar dengan gigi. selama tidak gigi nya belum copot masih berpeluang besar. terima kasih

Reply
avatar
April 4, 2017 at 10:02 PM delete

Giigi graham yang baru dicabut 1 masih berpeluang besar untuk lulus tes RikKes. namun jika mas bayu ridho ingin implan gigi palsu, sebaiknya konsultasi dengan rumah sakit bhayangkara (RS. untuk polisi) biar menemuka solusi yang tepat. terima kasih

Reply
avatar
April 4, 2017 at 10:06 PM delete

Jadi begini mas Hendri, tindakan mas hendri sudah tepat dengan mencabut gigi yang menumpuk dibagian tersebut, peluang lolos RikKes masih besar asalkan gigi depan / gigi bagian estetika tidak ada yang bolong, karena jika ada yang bolong akan menggangu nilai estetikanya. terima kasih

Reply
avatar
Andi Reza
AUTHOR
April 4, 2017 at 11:53 PM delete

Bagaimana apa bila gigi graham saya bagian kiri atas dan bawah hilang dan gigi graham sebelah kanan bawah jg hilang masih bisa gak...??

Reply
avatar
April 5, 2017 at 12:36 AM delete

Jadi jumlah gigi geraham andi reza yang hilang/copot ada 3, informasi yang saya terima untuk Pemeriksaan kesehatan khusus gigi:
- Gigi yang hilang hanya bagian graham max 2
- Gigi yang hilang tidak boleh bagian depan
Jadi apabila 3 gigi yang hilang masih bisa lolos tapi harap was-was dan di pemeriksaan kesehatan lainnya harus tidak ada yang terkendala untuk memaksimalkan nilai RikKes nya. terima kasih

Reply
avatar
M.ilham Ilham
AUTHOR
April 5, 2017 at 8:46 PM delete

Sya ma nanyaak , gigi graham sebelah kiri saya ilanh dua sbenar nya gk ilang dya mebusuk lama kelamaan ancur sma gigi graham kanan cman bolong satu tpi bolong nya besar ? Itu masik bisah gak ? Mohon infoo

Reply
avatar
April 6, 2017 at 1:15 AM delete

Jadi maksud mas ilham gigi geraham sebelah kirinya busuk lalu jadinya hancur? lebih baik cabut aja mas, tapi kalau bisa ditambal, lebih baik ditambal.
untuk gigi geraham kanan mas ilham bolongnya besar tapi masih bisa ditambal tidak? lebih baik datang ke dokter gigi dan tanyakan masih bisa ditambal atau tidak. kalau tidak sebaiknya dicabut.

Gigi yang hilang lebih dari 3 biasanya masih bisa, cuman pasti akan mengurangi nilai tes kesehatannya mas, untuk itu kesehatan yang lain jangan sampai jatuh. karena biar dapat memenuhi standar tes kesehatan.
terima kasih

Reply
avatar
ryan 212
AUTHOR
April 6, 2017 at 4:11 AM delete

mas saya mau tanya, misalkan ditengah2 gigi ada taring yg dihimpit dua gigi depan, tapi giginya bagus sama rata, itu gmana ya solusinya?

Reply
avatar
ryan 212
AUTHOR
April 6, 2017 at 4:11 AM delete

mas saya mau tanya, misalkan ditengah2 gigi ada taring yg dihimpit dua gigi depan, tapi giginya bagus sama rata, itu gmana ya solusinya?

Reply
avatar
April 6, 2017 at 8:32 AM delete

Cabut aja mas gigi lebih tersebut, biar cepat nutup gusinya. jadi kan akan tampak normal pada umumnya. terima kasih

Reply
avatar
April 8, 2017 at 4:56 AM delete

Pak gigi saya taring gingsul, gigi yang tumbuh baru bagian dalam bagus, gigi yang bagian liar bolong,, apakah itu kendala? Bagaimana solusinya, trimakasih

Reply
avatar
April 8, 2017 at 5:58 AM delete

Maaf mas irfan, Pertanyaannya kurang jelas, mohon diperjelas lagi :), terima kasih.

Reply
avatar
Julie Syahran
AUTHOR
April 8, 2017 at 9:09 AM delete

Selamat malam, ijin bertanya bang. Kalau gigi sy ada dua yg bolong dibawah posisi keduanya sejajar. Ijin bang kira kira apa solusinya dan apakah sy bisa lolos tes kesehatan. Terima kasih

Reply
avatar
April 8, 2017 at 11:19 AM delete

Malam juga Julie Syahran, gigi bolongnya sebelah mana? Gigi bolong itu bisa ditambal, jangan khawatir. tapi apabila bolongnya udah hancur giginya, sebaiknya dicabut saja. Julie syahran tentunya masih bisa lolos tes kesehatan, namun untuk kesehatan yang lain jangan ada yang bermasalah agar nilainya bisa maksimal. terima kasih

Reply
avatar
Julie Syahran
AUTHOR
April 8, 2017 at 4:03 PM delete

Selamat pagi. Ijin bang,giginya di bagian bawah sebelah kiri dan kanan, keduanya ada di posisi geraham ke 3 dari belakang. Ijin bang, terima kasih atas solusinya.

Reply
avatar
April 8, 2017 at 7:33 PM delete

Maaf sebelumnya pak saya mau tanya! ..Gigi geraham sya sebelah kanan sudah cabut dan telah sya pasang gigi palsu lepas pasang . Pertanyaan saya supaya nilai sya lebih bagus saat pemeriksaan.. saya lebih baik pakai gigi palsu yg lepas psang atau yg permanen? Dn kalau misalnya saya ttap pakai yg lepas pasang saat tes bagaimana pak ??? Terimaksih

Reply
avatar
April 9, 2017 at 8:32 AM delete

Iya pak,, intinya gini, gigi taring saya gingsul, yang satu berlubang yang satu egak, yg berlubang itu gigi lama pak, sdangkang gigi yg tmbuh barunya bagus,tpi jaraknya jauh pak, solusinya gmana ya? Trimakash pak ,maaf ni kalo gak jels lagi prtnyaanya hehe

Reply
avatar
April 9, 2017 at 9:32 AM delete

Tidak masalah itu julie syahran, pada umumnya banyak yang mengalami gigi graham bolong. gigi graham bolong selama makkota giginya belum hancur, maka masih bisa ditambal. coba konsultasi dengan dokter gigi rumah sakit terdekat, terima kasih

Reply
avatar
April 9, 2017 at 9:36 AM delete

Jadi begini mba surya suryani, kalau pemeriksaan kesehatan khusunya gigi sebaiknya jangan menggunakan gigi palsu yang lepas pasang, itu akan menggangu dan pasti akan ketahuan.
kalau dengan gigi palsu yang permanent saya kurang tau jelas peraturannya, namun alangkah baiknya mba suryani berkonsultasi terlebih dahulu dengan rumah sakit tentara/ bhayangkara. terima kasih

Reply
avatar
April 9, 2017 at 9:40 AM delete

oh jadi maksudnya gigi taring irfan ada yang gingsul dan renggang. jadi begini mas irfan, sebelumnya telah dijelaskan gigi yang menjadi perhatian besar sebenarnya adalah bagian depan, karena gigi ini adalah estetika seseorang. apabila menurut mas irfan kurang enak dipandang, maka pasti juga tim penilai akan menilai hal yang sama.

Saran dari saya apabila masih bisa dirapihkan, secepatnya ke dokter gigi agar dapat menangani masalah yang dialami mas irfan. dengan begitu maka dokter gigi akan mencarikan tindakan yang terbaik. terima kasih

Reply
avatar
Arcana Putra
AUTHOR
April 13, 2017 at 11:28 PM delete

Selamat sore pak dokter,saya mau tanya kalau gigi gerahamnya hilang satu apakah masih bisa jadi polisi atau angkatan...sekian terimakasih

Reply
avatar
April 14, 2017 at 3:08 AM delete

Tentu masih bisa mas arcana putra. saya bukan dokter mas, terima kasih

Reply
avatar
Arcana Putra
AUTHOR
April 14, 2017 at 6:51 AM delete

Apa bener masih bisa bang???mohon di jelaskan

Reply
avatar
April 14, 2017 at 9:35 AM delete

Penjelasannya ada diatas mas arcana, di komentar sebelumnya juga sudah saya bahas mas. Terima kasih

Reply
avatar
Jeppe Pratama
AUTHOR
April 18, 2017 at 9:28 PM delete

Salam buat semuanya,sya mau bertnya kalau gigi grham hncur dua kiri kanan msih bsa dftar akmil kah pak?? Tlong infonya

Reply
avatar
Rio
AUTHOR
April 20, 2017 at 8:31 AM delete

Kalo gigi saya bolong sebelah kiri 1 dan kanan 1 apakah masih bisa masuk?

Reply
avatar
Hapid Pakaya
AUTHOR
May 7, 2017 at 8:46 PM delete

Assalamualaikum ijin tanya pak sy mau masuk ipdn tapi punya masalah gigi saya ada yang susun dua bagian depan apa bisa lolos dalam tes kesehatan? mohon jawabannya dan apa solusinya. terima kasih atas jawabannya.

Reply
avatar
May 7, 2017 at 10:02 PM delete

permisi.sya ingin tanya.bagaimana jika salah 1 gigi graham atas bagian kanan ada yang tumbuh bergeser ke dalam alias tidak rata dgn gigi lainnya bisa lolos tes kesehatan? trima kasih

Reply
avatar
May 7, 2017 at 11:29 PM delete

Jadi maksudnya hapid giginya bertimpa?
atau giginya tumbuh lebih dibagian depan?

Apabila giginya ada yg bertimpa, setau saya apabila tidak terlalu parah masih aman-aman saja. Namun apabila ingin lebih baik, sebaiknya kedokter gigi untuk dirapi kan.

Jika gigi hapid tumbuh lebih dibagian depan, saran saya sebaiknya dicabut saja.
Terima kasih

Reply
avatar
May 7, 2017 at 11:32 PM delete

Tentu masih bisa dea, jika 1 gigi geraham pada umumnya masih diberi toleransi sebab tidak terlalu mempengaruhi nilai estetika dari penampilan gigi. Terima kasih

Reply
avatar
Zain Udin
AUTHOR
May 8, 2017 at 12:02 AM delete

saya mau daftar polri tetapi gigi graham atas sebelah kiri dan gigi graham bawah sebelah kanan sudah tidak ada apakah saya masih bisa masuk polisi

Reply
avatar
May 15, 2017 at 5:27 AM delete

Tentu masih bisa, coba baca gigi yang masih ditoleransi diatas. Terima kasih

Reply
avatar
May 15, 2017 at 2:00 PM delete

Sebelumnya permisi.
Saya akan mengikuti tes kesehatan, dan untuk bagian gigi, terdapat 2 gigi saya yang hilang (dicabut). Yang pertama adalah geraham sebelah kanan, dan yang kedua adalah geraham sebelah kiri. Apakah masih memungkinkan untuk lolos tes kesehatan ? Terima kasih.

Reply
avatar
al furqon
AUTHOR
May 19, 2017 at 11:56 PM delete

Selamat sore
Jika gigi di depan nya patadh sedikit ap masih bisa

Reply
avatar
Chii
AUTHOR
May 23, 2017 at 4:25 PM delete

Apakah saya masih mempunyai peluang masuk jika 1 Gigi geraham belakang saya dicabut dan mempunyai gingsul pada gigi taring ?

Reply
avatar
May 24, 2017 at 8:56 AM delete

Assalamualaikum.
Izin bertanya. Apabila gigi depan bagian atas (deketnya taring) patah setengah, lalu sudah ditambal dan ada perawatan akarnya lagi, apakah bisa ?

Reply
avatar
May 24, 2017 at 7:35 PM delete

Gigi depan saya hilang 1 dan rencana mau di pasang gigi tanam apakah masih bisa mendaftar?

Reply
avatar
May 27, 2017 at 1:33 AM delete

Untuk gigi tanam saya kurang tau informasi terbarunya, sebaiknya coba tanya ke rumah sakit militer, biasanya mereka sudah biasa menangani masalah seperti itu. terima kasih

Reply
avatar
indi gunawan
AUTHOR
May 31, 2017 at 3:08 PM delete

ass.....,sya mau tnya jika gerham paling ujung yg bgian ats di cabut 2 buah dan gerham kcil bgian bwah di cbut 2 buah tp tdk dlm stu brisan, jd jumlah gigi yg dcbut 4 buat, jika dcbut lbh dr 3 buah it dpermsalahkan tdk saat tes kesehtan y?? mohn penjlsannya

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
June 13, 2017 at 9:44 AM delete

Gigi geraham bagian kiri bawah saya copot 1 apakah masih bisa buat daftar tni??

Reply
avatar
June 21, 2017 at 9:56 PM delete

Assalamualaukum wr.Wb saya nau nanya, gigi depan saya rusak, dan sekarang saya sudah tambal dengan tamballan laser. Apakah itu diperbolehkan? Wassalam

Reply
avatar
June 22, 2017 at 10:00 AM delete

Wallaikumsalam, gigi yang ditambal apabila tersamar dengan gigi aslinya maka itu tidak mempengaruhi tes kesehatan gigi. apabila tambalan gigi mirip seperti aslinya tentu tidak akan mempengaruhi nilai estetika tersebut.

namun apabila terlampau parah dan tambalannya tidak dapat menyamar dengan baik, tentu akan mempengaruhi penilaian tersebut. terima kasih

Reply
avatar
June 25, 2017 at 5:14 AM delete

Terima kasih banyak jawaban nya mas sangat membangkitkan kembali semangat saya
Tapi saya masih penasaran,

akan tetapi yang harusnya itu gigi taring jadi gigi depan biasa apakah tidak akan menjadi masalah

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
July 1, 2017 at 6:00 PM delete

Selamat pagi, izin bertanya gigi geraham saya yg sebelah kiri yg tengah sudah sya cabut nah solusinya lebih baik saya biarkan sperti itu saja atau dipsang gigi palsu ya bang kalau ingin mendaftar polwan?

Reply
avatar
roni adianto
AUTHOR
July 3, 2017 at 5:44 AM delete

Selamat malam . Mohon ijin bang /mba . Gigi saya yang depan tambelan tapi masih keliatan atau tidak saru . Apakah kemungkinan lulus dalam test ?

Reply
avatar
July 8, 2017 at 4:27 AM delete

selamat malam, gigi depan tengah saya sedikit bolong tapi tidak besar apa lebih baik ditambal atau bagaimana solusinya? terimakasih

Reply
avatar
Fandy Afandi
AUTHOR
July 16, 2017 at 10:45 AM delete

slamat malam bg.saya mau bertanya
gigi saya tidak rapi.dan gigi dpn saya ada yg maju 1 kemudian gigi graham lepas 1 yg kiri yg kanam bolong dan di atas graham ada lepas 1 bg.apa masih bisa mengikuti tes keanggotaan.? tolong pencerahanya bg.makasi:)

Reply
avatar