Pertimbangan sebelum mendaftar STIN (sekolah tinggi intelligent Negara)

prospek kerja stin

Sekilas Informasi STIN
STIN atau sekolah tinggi intelligent Negara adalah sekolah intelijen dibawah naungan Badan Intelijen Negara (BIN).  Untuk dapat masuk di STIN tersebut harus melewati beberapa seleksi  dan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Stin diprakarsai oleh Jend. TNI (purn) Dr.A.M Hendropriyono dan diresmikan pada tahun 2004.

Kesan angker, misterius, tertutup, klandestin, dan bahkan kekerasan merupakan mindset public mengenai dunia perintelijenan. Karakter intelijen yang dibangun melalui prinsip kerahasiaan, anonimitas, dan cara kerja klandestin adalah pandangan umum mengenai sekolah ini. Ada beberapa pertimbangan bagi anda sebelum mendaftar STIN (sekolah tinggi intelijen Negara)

Pada tahun 2004 pada peminat STIN dari tahun ke tahun terus meninggkat. Ini merupakan impian atau cita-cita sebagian orang yang ingin bergabung kedalam sekolah tersebut. Sekolah tinggi intelijen Negara (STIN) terletak di sentul, bogor jawabarat, dan pola perekrutannya dilakukan di tempat tersebut. penerimaan mahasiswa baru stin baru-baru ini kurang dari 100 orang saja, itulah mengapa sekolah ini termasuk kedalam sekolah kedinasan rekomendasi untuk para lulusan SMA. Lamanya pendidikan selama 4 tahun dan memiliki 2 program studi yaitu, keagenan dan analist dengan gelar S,in.

Ada beberapa pertimbangan sebelum mendaftar STIN

  • Keterikatan dengan syarat pekerjaan (perjanjian)
  • Ditempatkan dimana saja
  • Hidup dalam baying-bayang
  • Status sosial dirahasiakan
  • Berani tak dikenal
  • Hilang tidak dicari
  • Berhasil tidak dipuji
  • Gagal dicaci maki
  • Mati tak diakui

Dengan slogan cendikia waskita atau artinya “bagi mereka yang melanggar, sanksi keras siap menunggu” adalah slogan bagi Sekolah tinggi intelijen Negara (STIN). Kerahasiaan adalah nafas mereka, oleh karena itu mereka dituntut untuk dapat menjaga kerahasiaan yang telah mereka ketahui. Selain itu pasti saat bekerja identitas mereka akan disembunyikan dan berganti dengan identitas baru.


Prospek Kerja STIN

Untuk prospek kerja lulusan stin dapat dikatakan bagus apabila berhasil melaksanakan tugas yang telah diberikan. Biasanya lulusan stin langsung disebar ke seluruh Indonesia dengan tujuan untuk mencari tau apa saja yang menjadi tugasnya. Mental, fisik dan otak sangat dituntut untuk dapat melaksanakan tugas keintelijenan, oleh karena itu pola pembinaan mental di kampus stin dapat dikatakan keras. Ini bertujuan untuk dapat menjaga kerahasiaan dari segala ancaman dan mencari jalan keluar dari masalah tersebut. terbayang kan bagaimana yang harus anda lakukan apabila dalam situasi itu.
Perlu anda lakukan pertimbangan sematang-matangnya untuk bergabung disekolah ini. Disamping itu juga ada keuntungan setelah masuk ke sekolah intelijen Negara seperti yang telah saya tulis sebelumya apa keuntungan masuk ke sekolah kedinasanDiantaranya:
  • Biaya sekolah gratis
  • Mendapat uang saku
  • Langsung bekerja
  • Sesuai uu no 17 thn 2011 lulusannya menjadi SDM BIN


Diatas adalah keuntungan setelah lulus menjadi intelijen Negara. Apabila anda ingin menjadi salah satu dari mereka, lakukan persiapan dengan matang mulai dari fisik, kesehatan, dan pengetahuan yang luas agar dapat lulus dalam setiap tahapan tesnya. STIN merupakan dambaan dan cita-cita sebagian orang yang menyerahkan hidupnya untuk Negara. Ragu-ragu balik kanan!!

36 Responses to "Pertimbangan sebelum mendaftar STIN (sekolah tinggi intelligent Negara)"

  1. Replies
    1. Biaya pendaftaran untuk stin ditentukan oleh panitia seleksi. Terima kasih

      Delete
    2. STIN tidak memungut biaya sepeser pun.

      Delete
    3. Bukanya katanya biayanya gratis ya

      Delete
  2. apa hanya ditugaskan didalam negeri? apakah ada kemungkinan ditugaskan diluar negeri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ruang lingkup kerja STIN dapat dikatakan sangat luas. Lulusan stin tidak hanya ditugaskan didalam negeri saja, tapi dalam kasus tertentu biasanya lulusan stin ditugaskan diluar negeri. terima kasih.

      Delete
    2. Ketat gak peraturannya
      Kegiatannya apa2 aja sih

      Delete
  3. Replies
    1. Klo anggota STIN di D.O. yaa pasti mantan anggota nya ngebocorin dong apa aja bentuk pendidikan yg ada di STIN. Makanya seleksi STIN sangat lah super ketat

      Delete
  4. Apakah bisa dengan lulusan smk kejurusan, mendaftar STIN?

    ReplyDelete
  5. bagaimana dengan hubungan sama keluarga?

    ReplyDelete
  6. apa ada rencana pembukaan lagi untuk STIN di tahun 2018/2019

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk tahun ini sdh mau dibuka pendaftarannya, anda bisa melihat syarat pendaftaran di https:stin.ac.id

      Delete
  7. Peminat setiap tahunnya brapa banyak gan?

    ReplyDelete
  8. di Tahun 2018 kapan pembukaan nya kak ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya sudah ada situs yg menginfokan, tapi url pendaftaran masih di blokade.

      Delete
  9. Mf mau tanya ni,kak maksut dari persyRatan orang tua tu apa kita yang buat sendiri atau udah dari panitia

    ReplyDelete
  10. Persyaratan hasil psikotes pada saat SMA itu yang mana yaa???

    ReplyDelete
  11. Saya sangat berharap agar dapat bergabung dengan STIN. Saya ingin membanggakan kedua orasng tua dan keluarga saya. Saya juga ingin membuktikan kepada orang lain jika saya juga bisa,jangan karena masalah ekonomi cita-cita saya terhalang dengan adanya kemauan dan tekad akan ada hasil yang luar biasa di akhirnya nanti. Besar harapan saya untuk bisa bergabung dengan STIN.

    ReplyDelete
  12. Gmana ya saya kan sudah menikah dan ingin masuk ke stin saya msh umuran 19 bisa ga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya tidak bisa deh mbak soalnya kan ada surat perjanjian belum menikah dan siap untuk tidak menikah selama pendidikan

      Delete
  13. Apa klo daftar STIN masi bisa daftar AKPOL. karena ad info mengatakan katanya jika anda mendaftar lebih dari 1 sekolah kedinasan anda akan dianggap gugur

    ReplyDelete
  14. apakah pendafatarn onlinenya belum dibuka? kalau sudah, kok saya tidak bisa daftar ya?

    ReplyDelete
  15. Kalo pernah patah tulang kenapa ga boleh ya?

    ReplyDelete
  16. Gak bisa renang kira kira bisa gak ya ikut pendidikan STIN?

    ReplyDelete
  17. Jika sudah mengabdi lama bisa pindah tugas?

    ReplyDelete
  18. Memang kalau mau daftar stin, harus ada fc hasil psikotes pas sma ya?. Bagaimana kalau sewaktu sma belum pernah melakukan psikotes?

    ReplyDelete
  19. Kalau mati istri dan keluarga gk tau. Pulang ke rumah orang tua atau keluarga gak bisa/susah, berbicara dengan siapapun harus berpikir 12 kali, nikah harus bohongi mertua dan jika anda gak kuat dengan itu semua balik kanan aja !!!

    ReplyDelete
  20. Apa kitaa bisa pulang ke kampung ke ketemu orang tua?

    ReplyDelete
  21. Apa harus menguasai satu bahasa asing selain bahasa inggeris ? Soalnya saya kepingin banget gabung di stin, walaupun masih kelas 9

    ReplyDelete
  22. kira kira kalo pernah patah tulang masih ada kesempatan ketrima ga ya

    ReplyDelete
  23. pembukaan pendFataran 2018 buka tanggal brp ya..

    ReplyDelete
  24. Apakah walaupun sampai beberapa tahun kita tidak dapat bertemu dengan orang tua kita?

    ReplyDelete
  25. Mas, mau tanya, anak saya cedera gigi patah pada saat latihan ekskul di SMA. Apakah gigi patah yang sudah dipasangi tambalan, masih bisa memenuhi persyaratan test masuk STIN? Mohon jawabannya, Mas. Terima kasih.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel