Mau Tau Gaji lulusan AKPOL (akademi kepolisian)

Akademi kepolisian (AKPOL) adalah lembaga pendidikan kepolisian dibawah naungan kelemdikpol. Setelah menempuh pendidikan selama 4 Tahun di lembaga tersebut, Lulusan akademi kepolisian (AKPOL) diangkat menjadi perwira pertama polisi dengan pangkat Inspektur Polisi Dua atau IPDA. Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 32 Tentang Peraturan Gaji Anggota Kepolisian Republik Indonesia (POLRI), gaji dan tunjangan setiap tingkatan pangkat polri berbeda-beda. Mau tau berapa Gaji lulusan Akpol (akademi kepolisian) ???

Lulusan akpol berada pada pangkat perwira pertama, yaitu IPDA. Menurut PP No 32 tentang gaji anggota polri dengan pangkat Inspektur Polisi dua mempuyai standart gaji
  • Gaji Pokok Pangkat IPDA : Rp. 2.604.400
  • Tunjangan kinerja IPDA : Rp. 2.150.000

Gaji dan tunjangan diatas merupakan data standart yang diperoleh dari PP No 32 tentang gaji anggota Polri. Gaji diatas bisa dikatakan cukup besar untuk tingkatan perwira yang masih muda. Ada tambahan gaji yang akan diterima oleh POLRI mulai dari kenaikan Remuninerasi tunjangan atau biasanya disebut (Remon) yang pada tahun ini mengalami kenaikan sebesar 53%. Tunjangan yang akan diterima Lulusan akpol dengan pangkat ipda antara lain:
  1. Tunjangan Sandi
  2. Tunjangan Medis
  3. Tunjangan Papua bagi penempatan Papua
  4. Tunjangan Polwan Rp 50.000
  5. Tunjangan Babinkamtibmas
  6. Tunjangan Daerah perbatasan bagi anggota dengan Penempatan sesuai ketentuan yang berlaku (indeks daerah perbatasan)
  7. Tunjangan Beras. Berbeda dengan PNS tunjangan beras Polri perbulan sebanyak 18 kg per orang yang masuk daftar gaji
  8. Tunjangan Umum sebesar Rp 75.000 bagi anggota yang tidak menduduki jabatan struktural.

Berikut ini adalah table perkiraan gaji lulusan akpol dengan pangkat IPDA:
gaji polisi terbaru akpol

gaji polisi terbaru akpol

Besar bukan gaji dan tunjangan lulusan akpol tersebut. dari tahun ke tahun pemerintah mulai memerhatikan kesejahteraan anggota POLRI tersebut. mulai dari pemberian gaji, tunjangan, dan tunjangan hari raya ( Biasanya disebut gaji 13 dan 14). Wajar saja banyak saingan yang cukup ketat untuk dapat bergabung dalam Kepolisian Republik Indonesia, apalagi yang ingin mendaftar akpol dari tahun ke tahun terus meningkat. Kenaikan gaji dan tunjangan juga disesuaikan oleh kinerja polisi tersebut. apabila dia bekerjanya giat dan sangat dibutuhkan disektor tersebut, maka tunjangan kinerja juga akan menyesuaikan kinerjanya. Oleh karena itu, lulusan akpol dituntut untuk menjadi seorang perwira yang dapat mengimplementasikan semua yang ia telah terima dalam masa pendidikannya selama 4 tahun tersebut.
Apakah anda berminat untuk menjadi salah satu diantara mereka? Silahkan anda bisa mengikuti tes tersebut melalui pendaftaran online dan di polda atau polres  yang ada di daerah anda.
                   Mau Tau berapa biaya masuk akpol?

Untuk yang berminat bergabung dalam AKPOL silahkan anda mempersiapkan fisik dan mental anda. Selain itu juga mengasah otak anda dengan banyak berlatih. Siapa yang menolak untuk bisa memperoleh pendidikan di lembaga kepolisian tersebut, seperti yang telah saya tulis sebelumnya apa keuntungan dan kerugian masuk sekolah kedinasanBanyak keuntungan yang akan anda terima mulai dari dibiayain oleh Negara, dapat uang saku, langsung bekerja dan membanggakan orang tua anda. Itulah gaji lulusan akademi kepolisian (akpol) yang saya rinci dari berbagai sumber, mulai dari PP no 32 tentang gaji anggota POLRI dan juga berita terbaru kenaikan gaji dan tunjangan anggota polri.
Previous
Next Post »