September 14, 2016

Mau tau Berapa Biaya Masuk Akademi kepolisian (AKPOL)

Akademi Kepolisian atau sering disingkat Akpol adalah sebuah lembaga pendidikan untuk mencetak perwira Polri. adalah unsur pelaksana pendidikan pembentukan Perwira Polri yang berada di bawah Kalemdikpol. Berdasarkan Peraturan Kapolri Nomor 21 Tahun 2010 Akpol bertujuan menyelenggarakan pendidikan pembentukan Perwira Polri tingkat Akademi. Lama pendidikan 4 tahun dengan output pangkat Inspektur Dua Polisi. Pendekatan pendidikan melalui metode pembelajaran, pelatihan dan pengasuhan.

Banyak yang bertanya-tanya berapa ya biaya masuk akpol? Dalam melakukan setiap tahap seleksi, peserta seleksi tidak dipungut biaya alias GRATIS. Peminat untuk masuk atau yang baru lulus SMA dari tahun ke tahun dapat dikatakan terus meningkat. Untuk dapat lulus seleksi tersebut, harus melalui tahapan-tahapan yang dikatakan sangat sulit dan ketat. Namun jangan khawatir, anda bisa mengikuti rangkaian tes tersebut apabila anda sesuai dengan persyaratan yang telah ada. Tidak ada ruginya untuk mencoba tes masuk akpol tersebut, karena tidak dipungut biaya.

Lanjut lagi, rangkaian tes seleksi akpol mulai dari:
  1. Pendaftaran online
  2. Verifikasi dipolres dan polda selaku panbarim
  3. Pemeriksaan administrasi awal dipolres dan polda selaku panbarim
  4. Penandatanganan pakta integritas dipolres dan polda
  5. Pemeriksaan administrasi awal di polres dan polda selaku panitia daerah
  6. Pemeriksaan kesehatan I
  7. Pemeriksaan psikoloi
  8. Uji akademik
  9. Pemeriksaan kesehatan II
  10. Uji kemampuan jasmani dan rik antropometri
  11. Pemeriksaan penelusuran mental kepribadian
  12. Pemeriksaan akhir
  13. Sidang lulus sementara Tingkat daerah
  14. Supervisi dari pusat
  15. Sidang penetapan lulus tingkat daerah
  16. Seleksi tingkat pusat

Untuk bisa masuk ke akademi kepolisian memang hurus melewati serangkaian tes yang cukup menyulitkan,  memang harus ada perjuangan untuk menggapai cita-cita. Setelah anda bisa bergabung di akademi kepolisian banyak kebanggan yang akan anda terima, mulai dari
  • Segala kebutuhan dinas dibiayain oleh Negara
  • Mendapat uang saku
  • Tidak perlu membayar uang kuliah
  • Lulus langsung menjadi perwira
  • Membanggakan orang tua
  • Masa depan / karir bisa terjamin
  • Dan banyak keuntungan pribadi yang akan kamu rasakan

Akan tetapi tidak semua kebutuhan hidup kamu akan ditanggung disana, contohnya kebutuhan tambahan pribadi yang anda perlukan. Dan mungkin pengkaderan yang memerlukan biaya. Dalam mengikut tes akpol saya tekankan tidak dipungut biaya, semuanya ditanggung oleh panitia seleksi tersebut. serangkaian seleksi tersebut menganut prinsip (BETAH) bersih, transparan, akuntabel, dan humanis, jadi apabila ada pungutan maka anda dapat melaporkan kepada polda langsung.

Lalu timbul pertanyaan, apakah masih ada sogok menyogok dalam pendaftaran akpol tersebut? hingga sampai saat ini memang masih terdengar isu seperti itu. Ada yang mengatakan untuk bisa tembus hingga pusat memerlukan 1 Miliar agar aman dalam seleksinya, saya sarankan kepada anda untuk mengabaikan saja isu-isu seperti itu. Mungkin masih ada oknum yang seperti itu, tapi alangkah baiknya anda harus tetap optimis bahwa kamu bisa menjadi salah satu diantara mereka. Sebelumnya saya sudah berbagi Cara ampuh lulus tes seleksi akademi kepolisian bisa dan baca-baca agar menambah motivasi buat anda calon-calon taruna akademi kepolisian

Lulusan akpol langsung menjadi perwira dengan pangkat IPDA, balok satu. Siapa yang menolak untuk masuk kesini bukan? Masih muda namun sudah menjadi perwira dan digaji, orang yang anda dekati pun langsung tidak pikir panjang untuk menikah dengan anda. Itu hanya sebagai motivasi tambahan agar lebih bersemangat lagi. mungkin hanya itu informasi berapa biaya masuk akpol, selebihnya akan anda rasakan sendiri bila mengikuti seleksi tersebut

9 komentar

Tp yg saua tau mau masuk akpol, akabri, semua pake duit, ngga ada duit ngga masuk, bgtu jg yg mau masuk pns pasti ujung nya duit, duit, duit.

Iya memang mba fitri, pakai uang untuk melengkapi persyaratan administrasi seperti legalisir dan fotocopy.

mau tanya,kalo ingin masuk Akpol tapi di kepala ada bekas jahitan apakah masih bisa?
terimakasih

Klw berat badan minimal berapa ya???

Dan klw semua biayanya kira2 berapa ya???

Dan klw semua biayanya kira2 berapa ya???

Apakah smk bisa masuk akpol/ akmil ya??

Fitri oh fitri... Saudaraku pns. Istriku pns. Saudara jauh polisi dan ada tentara... kok gak ada yg bayar sogokan...

mungkin rumor polisi pakek duit sudah menutupi yg gak pakek duit, sehingga oknum minta ya di kasih. jadi, makin luas deh tuh rumor. kali aja ad yg ngerti..


EmoticonEmoticon