September 13, 2016

Apa keuntungan masuk Sekolah Kedinasan dan Daftar sekolah kedinasan terbaik

Pasti masih banyak  yang bingung setelah lulus dari SMA mau lanjut kemana ?? Ya, sama saya juga begitu dulu sewaktu lulus dari sma. Dulu itu begitu banyak tekanan yang saya rasakan setelah lulus dari SMA. Orang tua bilang lebih baik masuk sini, kawan bilang lebih baik masuk sini saja,  dan saya juga dengan pendirian saya yang mantap memutuskan masuk kedalam salah satu sekolah ikatan dinas dibawah naungan kementrian. Ya, ga usah disebut apa nama sekolahnya, cukup sebagai motivasi buat anda agar bisa menyusul ke sekolah kedinasan yang anda inginkan.

Kalau saya disuruh memilih mana yang lebih bagus antara perguruan tinggi negeri/swasta dengan perguruan tinggi kedinasan yang keduanya memang sama-sama bagus. Sama-sama mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tapi saya lebih cenderung memilih perguruan tinggi kedinasan atau sekolah kedinasan, mengapa?

Sekolah kedinasan adalah sekolah yang berada dibawah naungan kementrian/ badan/ lembaga Negara yang dibuat khusus untuk mengkaderkan orang-orang terpilih dari seluruh nusantara. Jadi, singkatnya anak Negara. Sekolah kedinasan tersebut ada yang bersifat militer, semi-militer, dan sipil. Guna dari diadakannya untuk membentuk calon pemimpin bangsa yang mempunyai sikap, karakter, dan etika yang baik.

Sekolah kedinasan memang ada keuntungan dan kerugiannya.
Keuntungannya:
  • Dari ujung kaki hingga ujung kepala dibiayain oleh Negara
  • Mendapat uang saku
  • Tidak membayar uang semesteran
  • Setelah lulus langsung ditempatkan tidak perlu mencari kerja lagi
  • Dan yang pasti meringankan beban orang tua lah

Kerugiannya
  • Tidak bebas atau leluasa
  • Siap ditempatkan dimana saja
  • Jauh dari lingkungan luar (dari pergaulan luar)
  • Harus menuruti peraturan yang ada
  • Siap iya, siap tidak

Memang pada mulanya akan terasa sangat-sangat menyakitkan, namun apabila dijalani lama kelamaan akan mulai terbiasa dengan segudang peraturan dan tradisi yang telah ada ditempat tersebut. tujuan dari diadakan sekolah kedinasan tersebut adalah untuk membentuk seorang pemimpin yang handal dalam bidang yang ia jalani. Dengan berhasilnya membentuk 1 pemimpin diantara ratusan bahkan ribuan lulusan perguruan tinggi yang ada, maka Negara akan merasa bangga dan tidak sia-sia membentuk seseorang yang mempunyai jiwa nasionali, beretika baik dan, berwawasan yang luas.

Ada perbedaan antara sekolah ikatan dinas dan sekolah non-ikatan dinas:
Sekolah ikatan dinas adalah sekolah yang berada dalam naungan kementrian, badan, lembaga Negara yang setelah lulus langsung ditempatkan untuk berkerja.
Sedangkan sekolah non ikatan dinas adalah sekolah kedinasan yang memiliki alumni yang telah lulus hanya diberikan ijazah saja tidak langsung bekerja. Jika ingin pns harus dites dulu.

Ada banyak sekolah kedinasan yang setelah lulus langsung bekerja diantaranya:
Daftar Nama sekolah kedinasan / Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK)
  1. Akmil (akademi militer)
  2. Akpol (akademi kepolisian)
  3. Ipdn (institute pemerintahan dalam negeri)
  4. Stis (sekolah tinggi ilmu statistic)
  5. Amg (Akademi meteorologi dan geofisika)
  6. Akip (Akademi ilmu pemasyarakatan)
  7. Stsn (sekolah tinggi sandi Negara)
  8. Aim (akademi imigrasi)

Dari daftar nama sekolah kedinasan diatas, salah satu dari nama kedinasan tersebut sedang saya jalani hingga sekarang. Untuk masuk kedalam sekolah kedinasan tersebut harus melalui beberapa persyaratan diantaranya
Administrasi, tes kesehatan, TKD (CAT), tes kesamaptaan daerah, hingga pusat , wawancara dan ditutup dengan pengumuman penentuan akhir (pantukhir). Harus siapkan mental dan fisik anda, agar menunjang dalam menjalankan segala tes yang akan dihadapi. Jika ragu-ragu, mending balik kanan saja. itulah sedikit informasi mengenai sekolah ikatan dinas yang langsung dapat bekerja, silahkan anda memilih mau kemana arah tujuan anda.


This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon